PERTANDA BERKAH, Setelah Toa Pe Kong Masuk ke Klenteng, Muncul Hujan Deras Disertai Angin

PERTANDA BERKAH, Setelah Toa Pe Kong Masuk ke Klenteng, Muncul Hujan Deras Disertai Angin

Hujan deras dan angin turun usai perayaan Cap Go Meh di Kota Cirebon. -Dedi Haryadi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Perayaan kirab budaya Cap Go Meh di Kota CIREBON diwarnai hujan deras disertai angin. Namun, kondisi cuaca hujan tidak menyurutkan semangat peserta kirab maupun masyarakat yang datang menonton. 

Di sepanjang jalan yang dilewati, warga Kota Cirebon mulai dari anak-anak hingga dewasa, tetap antusias menonton, memadati trotoar, sekalipun harus membawa payung.

Beberapa orang pengendara sepeda motor pun sembari memakai jas hujan, juga terlihat bersemangat menunggu datangnya rombongan kirab di bawah derasnya hujan.

Tokoh Budayawan Tionghoa Cirebon, Jeremy Huang Wijaya ditemui radarcirebon.com di Vihara Dewi Welas Asih mengatakan, perayaan Imlek termasuk Cap Go Meh memang selalu dilaksanakan di musim penghujan.

BACA JUGA:Teman Basket Event Gelar Pertandingan 5x5 antar SD se-Kota Cirebon

Oleh karena itu, kemungkinan turun hujan saat kirab sudah menjadi risiko yang dimaklumi bisa sewaktu-waktu terjadi.

"Sebagian warga Tionghoa menganggap turunnya hujan sebagai penanda turunnya berkah, maka hujan yang turun hari ini justru membuat para peserta kirab semakin bersemangat," katanya, Minggu (5/2/2023).

Menurut dia, hujan disaat Cap Go Me merupakan keberkahan karena setelah selanjutnya (usai Cap Go Meh) dimulainya untuk musim tanam. 

"Artinya hujan berkah yang turun dari langit untuk menyuburkan bibit benih yang ditanam petani. Biasanya hujan sesudah Toa Pe Kong (rupang dan joli) masuk kembali ke kelenteng usai dikirab," ujarnya.

BACA JUGA:Instruktur AHM Ukir Prestasi di Kompetisi Safety Riding Asia dan Oceania

Sebelumnya diberitakan dari pantauan radarcirebon.com, tampak ribuan warga dari luar maupun dalam Kota Cirebon menyemut di sepanjang jalan yang dilalui arak-arakan rupang atau patung dewa dewi dari berbagai vihara dan klenteng se- Cirebon.

Kegiatan kirab budaya yang digelar setiap tahun ini, menjadi agenda tahunan yang selalu menarik perhatian warga di Wilayah Cirebon maupun luar Cirebon.

Mengambil start di Vihara Dewi Welas Asih yang berlokasi tak jauh dari kawasan kota tua Cirebon, kirab budaya Cap Go Meh menyusuri jalan-jalan Kota Cirebon. 

Kirab budaya Cap Go Meh tersebut dibuka langsung Wakil Walikota Cirebon Hj Eti Herawati didampingi anggota DPR RI Dave Akbarshah Fikarno atau Dave Laksono di Vihara Dewi Welas Asih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: