Curhatan WNI: Alami Trauma hingga Kehilangan Paspor Akibat Gempa di Turki

Curhatan WNI: Alami Trauma hingga Kehilangan Paspor Akibat Gempa di Turki

Duta Besar RI untuk Turki, Lalu Muhamad Iqbal ketika menemui 123 WNI yang telah dievakuasi setelah gempa/Ist--

TURKI, RADARCIREBON. COM - Akibat bencana gempa di Turki, sejumlah warga negara Indonesia (WNI) mengaku alami trauma. Banyak dari mereka kehilangan dokumen penting, seperti paspor dan kartu identitas.

Sebanyak 123 WNI menyampaikan berbagai persoalan kepada Duta Besar RI Lalu Muhamad Iqbal di Wisma Duta, KBRI Ankara.

Dalam curhatan tersebut, WNI mengaku menghadapi berbagai masalah, mulai dari masalah logistik karena menyelamatkan diri sebagaian tidak membawa pakaian, sepatu dan barang pribadi penting lainnya.

Tidak hanya itu sebagain alami trauma, penyakit-penyakit akibat tekanan pikiran, hilang paspor, hilang kartu tinggal di Turki, hilang dokumen-dokumen penting dan hilang akses perbankan.

BACA JUGA:Pohon Sakral Lengkapi Mitos Batu Jubleg di Situs Buyut Salam Kuningan

BACA JUGA:Tidak Hanya Ciremai, Berikut Ini Gunung di Kuningan Yang Wajib Diketahui

Menurut Dubes Iqbal,"Saya pastikan kepada teman-teman sekalian bahwa kami tidak akan berhenti setelah evakuasi. Kami akan membantu teman-teman menyelesaikan masalah yang muncul akibat bencana ini semaksimal mungkin. Kami ingin agar teman-teman segera mulai hidup normal kembali," ujarnya, seperti dalam keterangannya yang dikutip dari rmol.id pada  Sabtu, 11 Feberuari 2023.

Sebagian besar WNI adalah pelajar juga mencemaskan mengenai kelanjutan studi mereka.

Dan Dubes Iqbal mengatakan tim konsuler KBRI Ankara akan menemui para WNI satu per satu untuk memetakan masalah yang dihadapi oleh masing-masing dan mencarikan solusi, sebagai tindak lanjut akan permasalahan tersebut.

KBRI Ankara juga telah memberikan beberapa jenis solusi, seperti penerbitan paspor baru, membantu pengurusan kartu identitas di Turki yang baru ke imigrasi, menerbitkan surat keterangan kehilangan dokumen, hingga memberikan perawatan medis bagi yang masih memiliki keluhan kesehatan.

Secara khusus, Dubes Iqbal akan menemui Dewan Perguruan Tinggi Turki untuk membahas kemungkinan para mahasiswa Indonesia melanjutkan studi universitas lain di Turki.

BACA JUGA:Ashanti Alami Sesak Nafas Dilarikan ke Rumah Sakit, Begini Kondisinya

BACA JUGA:Gunung Pojok Tilu Punya Cerita Mistis, Begini Kondisi Puncaknya


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: