Inflasi di Kota Cirebon Mencapai 0,36 Persen, Tertinggi Tasikmalaya, Terendah Kota Bandung

Inflasi di Kota Cirebon Mencapai 0,36 Persen, Tertinggi Tasikmalaya, Terendah Kota Bandung

Harga beras mulai naik, diduga akibat El Nino.-SENO-RADAR CIREBON

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Inflasi di Kota Cirebon kembali terjadi. Badan Pusat Statistika (BPS) Kota Cirebon merilis kota Cirebon mengalami inflasi sebesar 0,36% di bulan Februari. 

Dari 7 kota pantauan IHK di Provinsi Jawa Barat, semua kota mengalami inflasi.

Inflasi tertinggi terjadi di Kota Tasikmalaya sebesar 0,41 persen dengan IHK 112,70, sedangkan inflasi terendah terjadi di Kota Bandung sebesar 0,26 persen dengan IHK sebesar 116,17.

Kepala BPS Kota Cirebon, Joni Kasmuri menuturkan, inflasi terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya sebagian besar indeks kelompok pengeluaaran.

Komoditas yang mengalami inflasi pada Februari diantaranya Kelompok makanan, minuman, dan tembakau mengalami inflasi sebesar 1,10 persen.

BACA JUGA:Dirut BRI: 2023 Jadi Tahun Ekspansi, Masyarakat Jangan Takut Nabung dan Pinjam Kredit di Bank

Komoditas yang turut memberikan andil inflasi antara lain rokok kretek filter, beras, rokok putih, kentang, dan cabai merah.

Kelompok pakaian dan alas kaki mengalami inflasi sebesar 0,23 persen dengan komoditas yang turut memberikan andil inflasi adalah mukena, daster, dan pakaian bayi.

Lalu kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga mengalami inflasi sebesar 0,02 persen dengan komoditas yang turut memberikan andil inflasi yaitu cat kayu/cat besi dan paku.

Kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga  juga mengalami inflasi sebesar 0,10 persen dengan komoditas yang memberikan andil/ inflasi adalah upah asisten rumah tangga, sprey, dan pembasmi nyamuk spray.

"Kelompok kesehatan juga kembali mengalami inflasi sebesar 0,23 persen dengan komoditas yang memberikan andil inflasi yaitu obat dengan resep, obat batuk, dan tarif check up," tuturnya.

BACA JUGA:Gaya Habib Luthfi Pakai Seragam Loreng TNI saat Ikut Kirab Merah Putih di Cirebon

BACA JUGA:Link Nonton Film Star Wars: The Mandalorian Season 3, Petualangan Epik Din Djarin Berlanjut

Dia menambahkan, inflasi juga terjadi pada kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya sebesar 0,30 persen dengan komoditas yang memberikan andil inflasi yaitu bioskop.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: