Trend Baru! Warga Dunia Sudah Mulai Beralih ke Kendaraan Ramah Lingkungan

Trend Baru! Warga Dunia Sudah Mulai Beralih ke Kendaraan Ramah Lingkungan

Polri mendukung program pemerintah konversi kendaraan dari bbm ke listrik-Lee Rosario-Pixabay

RADARCIREBON.COM – Dalam laman resmi EV-VOLUMES menyebutkan permintaan pada kendaraan ramah lingkungan di pasar global terus meningkat.

Terdapat setidaknya sekitar 662.400 mobil listrik plug-in baru telah didaftarkan pada Januari 2023.

BACA JUGA:Ngeri, Bocah 12 Tahun Terpental saat Dibonceng Motor hingga TewasTerlindas Truk Tronton

Jumlah tersebut memberikan catatan yang positif jika dibandingkan dengan tahun lalu, meningkat sebesar 10 persen dan sekitar 11 persen dari total pasar.

Meski begitu, banyak yang mengharapkan bahwa tren kendaraan ramah lingkungan ini akan terus mencatatkan posisi yang positif dan dapat menembus penjualan sebanyak 1 juta unit dalam satu bulannya.

BACA JUGA:Deklarasi Damai Pilkades Serentak, Begini Kata Kapolsek Sukahaji

Pada kesempatan tersebut, untuk pendaftaran mobil BEV tercatat sebanyak 457.700 (naik 5 persen secara tahunan) dan market share 7,6 persen, PHEV sekitar 204.700 unit (naik 21 persen dari tahun ke tahun) dan pangsa pasar 3,4 persen.

Model yang paling banyak diburu oleh konsumen elektrik di antaranya Tesla Model Y yang terus menjadi mobil listrik terlaris (dan mobil isi ulang terlaris pada umumnya), dengan 54.417 pendaftaran baru pada Januari.

BACA JUGA:Radang Amandel Jangan Dibiarkan Jadi Bandel

Mobil terpopuler kedua adalah BYD Song Plus (BEV dan PHEV dihitung bersama), dengan 49.889 unit (lebih dari 42.000 PHEV).

Terbaik ketiga adalah Tesla Model 3 dengan 42.496 pendaftaran. Ketiga angka tersebut jauh di depan plug-in lainnya.

Meski begitu, secara volume BYD tetap menjadi merek teratas dalam hal volume penjualan mobil listrik plug-in bulanan. Pada Januari, merek China itu mencatat 143.784 pendaftaran baru.

BACA JUGA:Kembali Laksanakan Ops Pekat, Polisi di Cikijing Sasar Penjual Miras

Tesla juga mampu mencapai angka enam digit (100.760) dan 100 persen semuanya bertenaga listrik, tetapi jangan lupa bahwa hampir setengah dari penjualan BYD juga merupakan BEV.

Menariknya, ada lima merek non-China di daftar 10 besar.

Perlu diketahui, EV-VOLUMES merupakan sebuah portal informasi mengenai data penjualan mobil atau kendaraan listrik di dunia. (jun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase