Minum Kopi Secara Teratur Bisa Kurangi Resiko Mengidap Penyakit Diabetes Tipe 2

Minum Kopi Secara Teratur Bisa Kurangi Resiko Mengidap Penyakit Diabetes Tipe 2

Jangan terlalu sering minum kopi sehabis makan siang.-capture-Ist

RADARCIREBON.COM – Menikmati secangkir kopi Minggu pagi ini, tidak hanya menambah semangat. Tapi, dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Melansir dari laman NYPost, sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal BMJ Medicine menunjukkan bahwa minum kopi secara teratur dapat mengurangi lemak tubuh dan menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Peneliti ingin melihat apakah peminum kopi aman dari diabetes tipe 2 karena asupan kafein mereka atau karena alasan lain, seperti menjadi kelas menengah dan mampu menjalani gaya hidup yang lebih sehat.

BACA JUGA:Ngeri, Bocah 12 Tahun Terpental saat Dibonceng Motor hingga TewasTerlindas Truk Tronton

Studi ini mengamati hampir 10.000 orang dengan sifat genetik — seperti gen CYP1A2 dan AHR — yang memengaruhi cara tubuh menangani asupan kafein dengan menggunakan teknik statistik yang disebut pengacakan Mendelian, yang merupakan alat yang menyelidiki hubungan antara sifat dan hasil. .

Orang dengan varian genetik ini dikaitkan dengan pemrosesan dan metabolisme kafein yang lebih lambat dan biasanya minum lebih sedikit kopi namun memiliki kadar kafein yang tinggi dalam darahnya.

Kelompok orang yang sama ditemukan memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah, massa lemak tubuh, dan risiko diabetes tipe 2, yang jelas menunjukkan kafein sebagai alasannya.

BACA JUGA:Mantap! Jalan Lingkar Barat Akan Dibangun Pertengah April 2023

Sekitar setengah dari kelompok orang yang sama memiliki risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah karena mereka memiliki BMI yang lebih rendah.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa kafein memungkinkan tubuh membakar lebih banyak lemak dan/atau membuat orang merasa lebih kenyang menyebabkan mereka makan lebih sedikit, dan menjadi lebih kurus mengurangi risiko berkembangnya diabetes tipe 2.

Sekitar 1 dari 10 orang Amerika terkena diabetes, dan sekitar 90 persen hingga 95 persen dari mereka menderita diabetes tipe 2, menurut CDC. Diabetes tipe 2 paling sering menyerang orang yang berusia di atas 45 tahun.

BACA JUGA:Jelang Ramadan, Tim Gabungan Lakukan Razia Pada Warga Binaan Lapas Kelas IIB Indramayu

“Hasil ini menunjukkan bahwa kafein mungkin terkait dengan indeks massa tubuh yang lebih rendah, lemak tubuh yang lebih rendah, dan penurunan kemungkinan berkembangnya diabetes tipe 2,”

Dr. Dipender Gill, penulis senior studi dari Imperial College London, mengatakan. "Ini dapat meningkatkan metabolisme orang, meskipun ini tidak berarti orang harus keluar dan minum banyak minuman berkafein berkalori tinggi seperti chai latte."

Secangkir kopi rata-rata mengandung sekitar 70 hingga 150 miligram kafein, dan bukti menunjukkan bahwa 100 miligram per hari dapat meningkatkan pengeluaran energi sekitar 100 kalori per hari. Tapi kopi juga memiliki bahan kimia lain seperti diterpen yang bisa merusak metabolisme seseorang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase