Gerakan 7 Harkat, Upaya KCD Wilayah X Jawa Barat Membentuk Karatkter Siswa

Gerakan 7 Harkat, Upaya KCD Wilayah X Jawa Barat Membentuk Karatkter Siswa

Kantor Cabang Dinas Pendidikan (KCD) Wilayah X Jawa Barat meluncurkan Gerakan 7 Hari Berkarakter (Harkat) di SMAN 1 Beber, Senin 20 Maret 2023.-DEDI HARYADI-RADARCIREBON.COM

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Implementasi Kurikulum Merdeka yang dipadukan dengan Kurikulum Jawa Barat, Kantor Cabang Dinas Pendidikan (KCD) Wilayah X Jawa Barat meluncurkan Gerakan 7 Hari Berkarakter (Harkat)

Gerakan 7 Harkat ini, artinya selama 7 hari siswa didorong untuk melakukan sikap yang berbeda setiap harinya sesuai dengan tema yang ditentukan.

BACA JUGA:Tangani Kawasan Pemukiman, SMF Pugar Wajah Kumuh Pesisir Kota Cirebon

Gerakan 7 Harkat yang diluncurkan di SMA 1 Beber Kabupaten Cirebon, Senin 20 Maret 2023.

Gerakan 7 Harkat ini diberlakukan di seluruh sekolah tingkat SMA di Wilayah X Jawa Barat.

Gerakan 7 Harkat ini dihadiri kepala sekolah dan pelajar di wilayah X Jawa Barat.

Dalam launching tersebut, digelar pertunjukan seni dan kebolehan para siswa mulai dari tarian, teater, dan masih banyak pertunjukkan lainnya.

BACA JUGA:Sambut 1 Ramadan 1444 Hijriah, PCM Lemabahang Gelar Pengajian

Kepala KCD Wilayah X Jabar Ambar Triwidodo ditemui usai launching tersebut mengatakan, gerakan 7 hari berkarakter sebagai upaya membentuk karakter siswa selama 7 hari di sekolah, sebagai implementasi dari kurikulum merdeka yang dikombinasikan dengan kurikulum Jawa Barat.

"Dari Senin sampai Minggu para siswa ini akan melakukan sikap sesuai tema yakni Senin Cinta Tanah Air, Selasa Wawasan Global, Rabu Cinta Literasi, Kamis Kearifan Lokal, Jumat Sehat Jasmani Rohani, Sabtu Rumahku Surgaku, dan Minggu Berbagi Kepada Sesama," katanya di SMAN 1 Beber.

Ambar menuturkan, pihaknya berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk memantau program tersebut, dan meminta siswa mengunggah di media sosial kegiatan setiap harinya sesuai dengan tema.

BACA JUGA:Demi Jalan Baru, Gedung Bidang Bina Marga Dinas PUTR Kuningan Bakal Digusur

"Jadi kami koordinasi dengan pihak sekolah masing-masing untuk memantau media sosial siswa. Karena siswa diminta mengunggah di medsos pribadinya kegiatan yang dilakukan setiap hari sesuai dengan tema yang ditentukan," tuturnya.

Dijelaskan Dia, gerakan 7 hari berkarakter digaungkan untuk pelajar mempertunjukkan kreatifitas, dan memiliki bakat serta berprestasi.

BACA JUGA:Pebalap Binaan DAM Cetak Poin di Putaran Pertama OnePrix 2023

"Peran orang tua juga dibutuhkan sebagai kepedulian bersama agar menjadi gerakan yang di dalamnya pemahaman antibullying, antitawuran, antikekerasan, sekolah toleransi, ada kebhinekaan global, dan bermedia sosial yang bijak.”

“Jadi sebagai hasil dari penerapan pendidikan berkarakter ini ke depan kami akan bikin KCD award diakhir tahun, penilaiannya dari sekolah yang rajin unggah di media sosial sekolah masing-masing 7 hari berkarakter," pungkasnya. (rdh)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase