Dibekali Sejumlah Kompetensi, Mahasiswa IPB Cirebon Siap Berkompetisi di Dunia Usaha dan Industri

Dibekali Sejumlah Kompetensi, Mahasiswa IPB Cirebon Siap Berkompetisi di Dunia Usaha dan Industri

JAWAB TANTANGAN: Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan IPB Cirebon, Dr Ade Sastrawijaya MPd mengatakan, pihaknya sangat terbuka memberikan ruang bagi mahasiswa untuk belajar sesuai dengan minat dan bakatnya. -KHOIRUL ANWARUDIN-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Saat ini perguruan tinggi dituntut memberikan ruang bagi para mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan zaman. Institut Pendidikan dan Bahasa (IPB) Cirebon terus berkomitmen untuk membekali mahasiswa dengan sejumlah kompetensi yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja dan industri saat ini.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan IPB Cirebon, Dr Ade Sastrawijaya MPd mengatakan, IPB Cirebon sangat terbuka untuk memberikan ruang bagi mahasiswa untuk belajar sesuai dengan minat dan bakatnya. IPB Cirebon tentunya juga memberikan kompetensi khusus untuk menjawab tantangan di dunia kerja.

Di era global, kata Ade, mahasiswa tidak hanya dituntut untuk menguasai satu bidang saja. Mahasiswa juga dituntut untuk menguasai hardskill dan softskill yang relevan dengan kebutuhan di dunia usaha dan industri.

“Maka dari itu, kurikulum kami dirancang untuk mahasiswa tidak hanya menguasai bidang yang sesuai prodinya saja. Mahasiswa juga harus menguasai kemampuan bahasa asing, terutama bahasa Inggris dan Jepang serta menguasai penggunaan teknologi dan kewirausahaan,” jelas Ade kepada Radar Cirebon.

BACA JUGA: Ditanya Setoran dari Pejabat Cirebon, Sunjaya Ngaku Lupa, Hakim : Karena Terlalu Banyak Menerima?

BACA JUGA: Nasabah BPR KR Indramayu Jangan Panik, Janji dari OJK Cirebon, Saldo Akan Kembali

IPB Cirebon, kata Ade, juga terus berinovasi untuk menciptakan kurikulum yang mampu menghubungkan antara kebutuhan di dunia kerja dan industri dengan kompetisi yang dimiliki oleh mahasiswa. Sejauh ini, IPB Cirebon telah sukses menjalin hubungan kerja sama dengan banyak mitra, baik di dalam maupun di luar negeri.

Ade menyebut, pihaknya merasa optimistis dengan kemampuan mahasiswa IPB Cirebon dalam berkompetisi di dunia kerja. Pasalnya, melalui program kerja sama itu, kompetensi yang dimiliki mahasiswa IPB Cirebon terbukti mumpuni dan dapat bersaing dengan lulusan dari perguruan tinggi lainnya di Indonesia.

Selain itu, dianjurkan juga kepedulian terhadap kompetensi kewirausahaan. Menurutnya, perkembangan teknologi dan komunikasi di era digital, saat ini membawa dampak yang cukup signifikan terhadap dunia usaha. Wirausaha berkontribusi terhadap terciptanya lapangan pekerjaan baru dan pertumbuhan ekonomi secara umum.

“Kami mendorong semua mahasiswa untuk memiliki keterampilan kewirausahaan. Sebelumnya, dua tim kami juga memenangkan hibah nasional Program Pembinaan Wirausaha (P2MW) yang diselenggarakan oleh Kemendikbud Ristek RI. Ini menunjukan kalau mahasiswa kami juga bisa bersaing di kancah nasional,” pungkasnya. (awr/opl)

BACA JUGA: Bau Menyengat, Sampah Pasar Jagasatru Kota Cirebon Dikeluhkan Warga

BACA JUGA: Tempat Penukaran Uang BI Cirebon Ada di Beberapa Lokasi Strategis, Ada Juga di Jalur Mudik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: