6 Juta Tempat Duduk Disediakan oleh PT KAI untuk Layani Pemudik Tahun Ini

6 Juta Tempat Duduk Disediakan oleh PT KAI untuk Layani Pemudik Tahun Ini

PT KAI siap menyambut angkutan lebaran 2023.-DEDI HARYADI-RADARCIREBON.COM

JAKARTA, RADARCIREBON.COM  Sebanyak 6.936.532 tempat duduk disediakan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) beserta anak perusahaannya yang tergabung dalam KAI Group pada Angkutan Lebaran Tahun 2023.

Jumlah tersebut terdiri dari kelas eksekutif 987.380 tempat duduk (14 persen), kelas bisnis 137.600 tempat duduk (2 persen), dan kelas ekonomi 5.811.522 (84 persen).

Adapun rinciannya, dari 6.936.532 tempat duduk tersebut, sebanyak 4.076.488 tempat duduk berasal dari induk perusahaan (KAI) dan 2.860.044 tempat duduk dari anak perusahaan (KAI Commuter dan KAI Bandara).

BACA JUGA:Dukung Konversi Kendaraan dari BBM ke Listrik, Polri Kasih Harga Segini Urus BPKB, STNK dan TNBK

Dari 4.076.488 tempat duduk terdiri dari 3.065.404 KA Jarak Jauh (2.520.056 reguler dan 545.348 tambahan) dan 1.011.084 KA Lokal.

Sedangkan, 2.860.044 tempat duduk anak perusahaan rinciannya adalah 2.701.644 tempat duduk untuk kereta api yang dikelola KAI Commuter dan 158.400 tempat duduk untuk kereta api yang dikelola KAI Bandara.

“Total tempat duduk yang kami sediakan pada Angkutan Lebaran 2023 sebanyak 6,9 juta ini mengalami kenaikan 36 persen dibandingkan realiasi Angkutan Lebaran 2022 sebanyak 5.097.114 tempat duduk,” ujar Direktur Niaga KAI Hadis Surya Palapa, Kamis 6 April 2023.

BACA JUGA:Bantuan Beras Mulai Disalurkan di Jawa Barat, Targetnya 4,4 juta KPM

Pada Angkutan Lebaran 2023 ini, total terdapat 7.458 perjalanan kereta api Jarak Jauh dan Lokal atau rata-rata 339 perjalanan KA per hari, naik 19 persen dibanding masa Angkutan Lebaran 2022 dimana terdapat 6.175 perjalanan KA atau rata-rata 281 perjalanan KA per hari.

Guna memberikan pengalaman mudik yang nyaman dan menyenangkan, KAI juga telah menghadirkan fasilitas Face Recognition Boarding Gate.

Yaitu proses boarding mempergunakan gate yang teritegrasi dengan pemindaian wajah pelanggan, untuk peningkatkan kecepatan pelayanan dan akurasi pemeriksaan.

BACA JUGA:Resmi! Presiden Sudah Teken Keppres Soal BPIH dan BIPIH, Segini Jumlahnya

Sistem akan memvalidasi penumpang meliputi data diri, data tiket,  status vaksin. Saat ini sudah terpasang di Stasiun Bandung, Yogyakarta, Surabaya Gubeng, Malang, Solo Balapan.

“KAI juga menyiagakan petugas frontliner ekstra seperti Customer Service Mobile (CSM) sebanyak 143 orang yang tersebar di 32 Stasiun dan 588 orang petugas kebersihan tambahan baik di stasiun dan atas kereta,” ungkap Hadis.

Fasilitas baru lainnya yang KAI hadirkan yaitu Water Station yang pada tahap awal hadir di tiga stasiun besar yaitu Stasiun Gambir, Pasar Senen, dan Surabaya Gubeng.

BACA JUGA:I Wayan Koster Bangga Bisa Tolak Kedatangan Israel ke Indonesia: Cuma Gubernur Bali yang Bisa

KAI menghadirkan Water Station sebagai kampanye ramah lingkungan, mengajak pelanggan membawa tumbler pribadi agar mengurangi sampah plastik.

KAI juga menghadirkan Pojok Baca dengan 1.905 buku bacaan anak yang tersedia di Stasiun Pasar Senen, Cirebon, Solo Balapan, Semarang Tawang, dan Surabaya Gubeng.

“Untuk menghadirkan angkutan mudik Lebaran yang lebih berkesan, KAI juga memberikan paket takjil, doorprize, serta menghadirkan hiasan tematik di stasiun dan kereta api pada masa angkutan Lebaran 2023.”

“KAI berharap perjalanan mudik dengan kereta api berjalan dengan lancar, aman, dan nyaman,” pungkasnya. (jun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase