Cadangan Beras Pemerintah Disalurkan ke Masyarakat Kota Cirebon

Cadangan Beras Pemerintah Disalurkan ke Masyarakat Kota Cirebon

Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon, Bulog Cirebon dan PT Pos Indonesia melepas penyaluran cadangan beras pemerintah untuk bantuan pangan bagi masyarakatnya di lima kecamatan, Selasa 11 April 2023.-DEDI HARYADI-RADARCIREBON.COM

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon, Bulog Cirebon dan PT Pos Indonesia melepas penyaluran cadangan beras pemerintah untuk bantuan pangan bagi masyarakatnya di lima kecamatan.

Pelepasan penyaluran beras tersebut diangkut menggunakan armada truk dari PT Pos Indonesia.

Dan, secara simbolis dilepas oleh Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Setda Kota Cirebon, Sumanto dan Wakil Kepala (Waka) Bulog Cirebon Wakil Rizki Abdullah.

BACA JUGA:Tragis! Pria Tanpa Identitas Tewas Tertabrak Kereta Api di Kaliwedi Lor

Disaksikan sejumlah pejabat Pemkot Cirebon dan PT Pos Indonesia yang hadir di area Gudang Bulog Pegambiran, Jl Jenderal Ahmad Yani (Bypass), Kota Cirebon, Selasa pagi 11 April 2023.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Cirebon Yati Rohayati mengungkapkan, pihaknya mendapatkan tugas dari Badan Pangan Nasional (Bapanas) untuk memastikan penyaluran beras tersebut lancar dan tepat sasaran.

"KPM di Kota Cirebon sekitar 39 ribu dan itu data dari kemensos. Kami (DKPPP, red) ditugaskan untuk monitor penyalurannya saja, semoga sampai di tangan penerima dan bisa bermanfaat," ungkapnya saat ditemui wartawan usai pelepasan.

BACA JUGA:Ridwan Kamil Beri Kadeudeuh Atlet SEA Games dan Para Games

Masih di tempat yang sama, Waka Bulog Cirebon Rizki Abdullah menjelaskan, penyaluran cadangan beras pemerintah tersebut merupakan program bersama yang digagas oleh Badan Pangan Nasional (Bapanas) untuk mengantisipasi kerawanan pangan.

"Ini adalah program strategis Bapanas, dimana kami Bulog sebagai penyedia beras. Mereka mendapatkan 10 Kilogram per penerima bantuan pangan (PBP).”

BACA JUGA:Satu Petugas Imigrasi Tewas, Saat Menghalau 3 Terduga Teroris Asal Uzbekistan yang Hendak Kabur

“Data dari Kemensos, untuk sasaran dari pendistribusian cadangan pangan ada sejumlah 39.674 PBP, sehingga jika ditotal dengan patokan masing-masing penerima mendapatkan 10 kilogram, maka Bulog harus menyediakan 396.740 kilogram beras atau sekitar 396 ton. Total yang harus kita sediakan itu tinggal jumlah PBP dikali 10 saja," jelasnya.

Menurut Rizki, beras cadangan pemerintah tersebut disalurkan dalam tiga bulan, yakni Maret yang penyalurannya baru dilakukan di bulan April.

BACA JUGA:Cirebon Power Bagikan 1.300 Bingkisan Lebaran untuk Warga

Kemudian yang bulan April akan disalurkan pada bulan Mei mendatang. Dan bulan Mei akan disalurkan pada bulan Juni.

"Alhamdulillah hari ini kami salurkan 150 ton untuk wilayah kecamatan Harjamukti, Kesambi dan Kejaksan. Kita upayakan sebelum lebaran sudah selesai," pungkasnya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase