Daftar Daerah Paling Dingin di Jawa Barat, Bukan Kuningan Loh, Suhu Bisa 9 Derajat Celcius

Daftar Daerah Paling Dingin di Jawa Barat, Bukan Kuningan Loh, Suhu Bisa 9 Derajat Celcius

Daerah paling dingin di Jawa Barat ternyata bukan Kabupaten Kuningan. Foto di areal pertanian warga di Desa Cisantara, Kecamatan Cigugur.-Yuda Sanjaya-RADARCIREBON.COM

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Provinsi Jawa Barat (Jabar) sebagian besar wilayahnya dikelilingi pegunungan dan berada di dataran tinggi.

Karenanya, terdapat beberapa tempat paling dingin di Jawa Barat, terutama pada daerah dataran tinggi dan di kaki gunung.

Meski demikian, ternyata bukan Kabupaten Kuningan atau Majalengka yang merupakan daerah paling dingin di Jawa Barat.

Ada kabupaten atau daerah lain yang suhu udaranya jauh lebih dingin dari Kuningan dan Majalengka yang biasanya berada di kisaran 15 derajat celcius.

BACA JUGA:Gempa Bumi 6.2 Magnitudo Guncang Bengkulu, Begini Kata BMKG

Daerah paling dingin di Jawa Barat itu, dikenal juga dengan destinasi wisatanya. Kesejukan alamnya tentu menjadi daya tarik tersendiri.

Berikut adalah daftar daerah paling dingin di Jawa Barat:

1. Kabupaten Garut

Sama seperti wilayah dengan khas pegunungan, Kabupaten Garut juga dikeliling dataran tinggi dan beberapa gunung seperti Gunung Karacak, Cikuray, Guntur hingga Papandayan.

Rata-rata wilayah Kabupaten Garut berada di ketinggian 700-750 meter di atas permukaan laut, karenanya suhu udara cukup sejuk.

BACA JUGA:Hukum dan Tata Cara Mengeluarkan Zakat Fitrah

Suhu rata-rata di Kabupaten Garut adalah 26 derajat celcius dan rekor suhu terdingin adalah 13 derajat celcius.

2. Kabupaten dan Kota Bogor

Sama seperti Garut, wilayah Kota dan Kabupaten Bogor juga ada di dataran tinggi. Bahkan karena curah hujan yang cukup tinggi, juga mendapatkan julukan kota hujan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: