Pengelola Objek Wisata Waduk Darma Kuningan Beralih ke PT Jaswita Jabar

Pengelola Objek Wisata Waduk Darma Kuningan Beralih ke PT Jaswita Jabar

Wisata Waduk Darma Kabupaten Kuningan Jawa Barat, untuk destinasi pilihan liburan lebaran 2023.-Nino Wahyu/Google Maps-radarcirebon.com

KUNINGAN, RADARCIREBON.COM – Objek wisata Waduk Darma Kuningan pengelolaannya saat ini diambil alih oleh BUMD Provinsi Jawa Barat.

Sebelumnya, pengelolaan Waduk Darma sebagai salah satu objek wisata legendaris di Kabupaten Kuningan dikelola oleh Perumda Aneka Usaha (PDAU) selama beberapa puluh tahun.

BACA JUGA:Operasi Ketupat Lodaya 2023 580 Personel dan 15 Pos PAM Siaga di Kota Cirebon

Perubahan pengelola Waduk Darma, dari Perumda Aneka Usaha kepada Jaswita atas inisiasi Dinas SDAP Provinsi Jawa Barat selaku pemilik lahan.

Kabar pengambilalihan pengelolaan Waduk Darma ini dibenarkan oleh Bupati Kuningan, H Acep Purnama.

Acep mengatakan, Waduk Darma tidak lagi dibawah pengelolaan PDAU karena Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah menyerahkannya ke pihak lain.

BACA JUGA:Sniper Polda Jawa Barat Disiagakan untuk Kawal Arus Mudik 2023

"Ya sudah tidak oleh PDAU lagi. Karena Dinas SDAP Provinsi menunjuk Jaswita sebagai pengelolanya," jawab Bupati Acep, Senin 17 April 2023.

Menurut bupati, PT Jaswita Jabar merupakan BUMD Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Waduk Darma sendiri kewenangannya ada di Dinas SDAP Provinsi Jawa Barat.

"Mungkin ada pertimbangan lain dari pemprov sehingga pengelolaan Waduk Darma tidak lagi diserahkan ke Pemkab Kuningan. Dengan begitu, PDAU tidak memiliki kewenangan mengelola Waduk Darma," ujar bupati.

BACA JUGA:Berbagi di Bulan Ramadhan, AMPG Kabupaten Cirebon Salurkan Sembako

Kendati begitu, dirinya sudah menugaskan Sekda H Dian Rachmat Yanuar untuk berkoordinasi dengan Dinas SDAP Jawa Barat.

"Saya sudah menugaskan pak sekda untuk komunikasi dengan provinsi. Inginnya sih Waduk Darma tetap dikelola oleh daerah.”

“Objek wisata Waduk Darma kan selama ini menjadi andalan pendapatan daerah Kuningan," katanya.

BACA JUGA:Sambut Universitas Muhammadiyah Ahmad Dahlan, 3 Sekolah Tinggi Muhammadiyah Gelar Pesantren Ramadan

Dari informasi yang dilansir dari radarkuningan.com, dalam pengelolaan Waduk Darma, PT Jaswita Jabar kabarnya menggandeng Pemdes Jagara, Kecamatan Darma.

BUMDes setempat dilibatkan dalam pengelolaan kawasan wisata tersebut. Selain Desa Jagara, beberapa desa lainnya di sekitar Waduk Darma juga ikut dilibatkan.

Seperti diketahui, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil sudah melakukan revitalisasi Waduk Darma. Anggaran revitalisasi sebesar Rp30 miliar. Saat ini Waduk Darma tampil dengan wajah baru pascarevitalisasi. (Agus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase