Upaya Peningkatan Kualitas Anggota, Karang Taruna Kecamatan Gempol Gelar Kelas Jurnalistik

Upaya Peningkatan Kualitas Anggota, Karang Taruna Kecamatan Gempol Gelar Kelas Jurnalistik

Karang Taruna Kecamatan Gempol Gelar Kelas Jurnalistik-Dedi Haryadi -radarcirebon

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Karang Taruna Kecamatan Gempol Gelar Kelas Jurnalistik sebagai upaya meningkatkan kualitas anggota Karang Taruna dengan tema “Peran Jurnalisme Warga Dalam Pembangunan Desa”, Minggu (30/04/2023) di Kantor Desa Walahar Kec. Gempol Kab. Cirebon.

Kelas Jurnalistik yang diadakan oleh Pengurus Karang Taruna Kecamatan Gempol, dengan jumlah 25 peserta perwakilan dari Karang Taruna Wilayah Barat dan organisasi yang konsen di bidang sosial.

Diharapkan mampu mencetak Anggota Karang Taruna yang faham dunia Jurnalistik dengan membuat berita dasar-dasar sesuai Kode Etik Jurnalistik.

Hal ini karyanya oleh Rahulloh Ayatulloh, Ketua Karang Taruna Kecamatan Gempol, bahwa kelas Jurnalistik ini salah satu langkah strategi Karang Taruna sebagai wadah pengembangan potensi anak muda yang ingin bergelut di dunia jurnalis.

BACA JUGA: Pemuda Diduga Gantung Diri di Pegambiran Cirebon: Warga Mencium Bau Menyengat dari Pinggir Kali

BACA JUGA: Pemuda Diduga Gantung Diri di Pegambiran Cirebon: Warga Mencium Bau Menyengat dari Pinggir Kali

“Kader Karang Taruna saat ini harus mampu hadir dalam dunia digital, agar mampu menguasai sektor teknologi yang menyesuaikan dengan perkembangan zaman, salah satunya melalui Kelas Jurnalistik yang diadakan oleh Pengurus Karang Taruna Kecamatan Gempol. Karang Taruna harus dapat memanfaatkan media sosial sebagai sarana publikasi yang dikemas dengan berita," ujarnya.

Lanjutnya, Karang Taruna tidak hanya konsen di bidang sosial, budaya dan olahraga saja. Tapi juga harus bisa bergerak dibidang lain sesuai minat dan bakatnya, salah satunya di bidang Jurnalistik ini agar mencetak Jurnalis Muda Kader Karang Taruna. 

Melalui Kelas Jurnalistik ini, Kader Karang Taruna diharapkan bisa membuat berita dengan teknik dasar yang telah disampaikan oleh Mamat Rahmat, Ketua PWI Kabupaten Cirebon sebagai pembicara utamanya.

"Jika bisa membuat berita, kita akan tindak lanjuti untuk pengembangan selanjutnya dan bisa merawat minat dan bakat. Agar bisa menjadi kontributor berita di desanya masing-masing, minimal memberitakan straight news atau berita yang bersifat ceremonial," ucapnya. 

Nuansa budaya juga terlihat dalam acara ini, sebagai opening show menampilkan Tari Topeng Klana dan Tari Topeng Tumenggung khas Cirebon.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Seorang Pemuda Diduga Gantung Diri di Pegambiran Kota Cirebon

BACA JUGA:AP Hasanuddin Ditangkap di Jombang, Peneliti BRIN yang Dinilai Menghina Muhammadiyah

Sementara itu, Camat Gempol, Sri Darmanto mengapresiasi kegiatan kepemudaan khususnya Karang Taruna Kecamatan Gempol yang merupakan binaannya agar terus berkembang dan bergerak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: