Saat Dahlan Iskan Terpesona Kelezatan Pindang Gombyang Ikan Manyung Indramayu: Enak Sekali

Saat Dahlan Iskan Terpesona Kelezatan Pindang Gombyang Ikan Manyung Indramayu: Enak Sekali

Kuliber pindang gombyang kepala ikan manyung khas Indramayu di RM Panorama turut membuat Dahlan Iskan terpesona.-Dokumen -radarcirebon.com

INDRAMAYU, RADARCIREBON.COM - Dahlan Iskan turut merasakan cita rasa kuliner khas INDRAMAYU yakni kepala ikan manyung. Ini adalah pengalaman pertama bagi dirinya.

Dahlan Iskan hadir ke Indramayu atas undangan Syekh Panji Gumilang, pendiri Mahad Al Zaytun untuk mengisi orasi ilmiah di wisuda IAI Al Azis.

Begitu tiba di Indramayu, Jumat, 20, Mei 2023 sore hari, Dahlan Iskan langsung diajak ke RM Panorama yang memiliki masakan khas Pindang Gombyang Kepala Ikan Manyung.

"Pertama kali saya makan kepala ikan manyung, bukan kepala ikan sembilang yag biasa dimasak istri saya," tulis Dahlan Iskan di laman Disway.

BACA JUGA:Jokowi dan Lula da Silva Bertemu di Hiroshima, Indonesia-Brazil Sepakati Kerja Sama di Bidang Lingkungan

Menurutnya, masakan pindang gombyang kepala ikan manyung khas Indramayu sungguh istimewa. Karenanya, tak ragu dia memuji masakan tersebut. "Enak sekali," katanya.

Sayangnya, Dahlan Iskan mesti cepat-cepat untuk melanjutkan perjalanan ke Pantai Darussalam dan bertemu dengan Syekh panji Gumilang.

Sehingga dirinya harus cepat-cepat makan dan menuju ke galangan kapal milik Al Zaytun yang kini sudah mulai berproduksi.

"Saya harus memakannya cepat-cepat. Hanya 20 kunyahan, takut keburu gelap. Syekh Abdussalam Panji Gumilang tiap Jumat sore di galangan kapal itu," tulis Dahlan Iskan.

BACA JUGA:Kereta Cepat Mulai Wara-wiri Jakarta Bandung, Kecepatan Sampai 385 Kilometer per Jam?

Disebut Pindang Gombyang, karena berbahan dasar kepala ikan Manyung yang diolah menjadi masakan

"Jadi sebutan Gombyang itu kepala Ikan Manyung yang dimasak, disebutlah pindang gombyang," kata Adun Satra, GM Radar Indramayu, yang turut mendampingi.

Dijelaskan Adun, Ikan Manyung tersebut bisa memiliki banyak sebutan lagi jika diolah berbagai cara, salah satunya gombyang tadi.

"Kalau ikan manyung itu dikeringkan disebutlah ikan jambal. Jadi bisa berbeda-beda tergantung olahannya," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: