TERMEGAH DI ASIA TENGGARA, Seberapa Luas Kompleks Pesantren Al Zaytun Indramayu?

TERMEGAH DI ASIA TENGGARA, Seberapa Luas Kompleks Pesantren Al Zaytun Indramayu?

Kompleks Ma'had Al Zaytun Indramayu, disebut pesantren termegah di Asia Tenggara. Foto:-IAI AL-AZIS Official-YouTube

INDRAMAYU, RADARCIREBON.COM - Pondok pesantren Al Zaytun Indramayu dikenal sebagai yang termegah di Asia Tenggara.

Ternyata, luas lahan tempat berdirinya kompleks Al Zaytun di Desa Mekarjaya, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu ini memang sangat luas.

Dilansir dari laman resmi al-zaytun.sch.id, Pondok Pesantren atau Ma'had Al Zaytun dibangun di atas lahan lebih dari 1.200 hektar.

Dijelaskan di dalam website tersebut bahwa, ketersediaan area kampus yang luas tujuannya agar para siswa selalu terdidik dan berada di area pendidikan.

Nah, dari total lahan 1.200 hektar, 200 hektar digunakan untuk sarana pendidikan.

Di sana terdapat gedung pembelajaran, asrama siswa, baik putra maupun putri. Kemudian masjid serta sarana olahraga yang lengkap.

Di area yang luas tersebut, terdapat masjid yang megah. Kemudian beberapa gedung bertingkat yang digunakan sebagai sarana pembelajaran.

BACA JUGA:Diduga Pencurian di Drajat Kota Cirebon, Mobil GrandMax Putih Lenyap, Terduga Pelaku Terekam CCTV

Salah satu gedung di Kompleks Al Zaytun dinamai Gedung Jenderal Besar HM Soeharto yang luasnya mencapai 20 ribu meter persegi.

Gedung ini mulai dibangun pada tahun 2002, kemudian diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 23 Agustus 2006.

Potret pembangunan kompleks Al Zaytun ini bisa disaksikan dalam video dokumentasi yang diunggah di kanal YouTube IAI AL-AZIS Official.

Dari permulaan video tersebut tampak lahan kosong yang luas yang sebelumnya merupakan lahan tidur yang tidak dikelola oleh masyarakat.

Proses pembangunan juga digambarkan dengan jelas. Mulai dari pembelian lahan pada 1994 sampai pada proses pembangunan yang terus berjalan hingga sekarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: