WOW! Sekencang F1 Kereta Cepat Bakal Ngegas 385 Km/Jam Pekan Ini, Jakarta - Bandung 50 Menit

WOW! Sekencang F1 Kereta Cepat Bakal Ngegas 385 Km/Jam Pekan Ini, Jakarta - Bandung 50 Menit

Kecepatan Kereta Cepat Jakarta Bandung akan terus ditambah menjadi 385 kilometer per jam.-KCIC-radarcirebon.com

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Sekencang mobil F1, kecepatan Kereta Cepat JAKARTA Bandung bakal terus ditambah hingga 385 kilometer per jam.

Saat awal dioperasikan KCJB baru menempuh perjalanan Jakarta - Bandung dengan kecepatan 60 kilometer per jam. Kemudian naik menjadi 180 kilometer per jam.

Secara bertahap, kecepatan akan terus ditingkatkan hingga 350 kilometer per jam dalam 10 hari ke depan.

Terdapat dua unit lokomotif dan rangkaian kereta cepat yang dilakukan pengujian oleh PT kereta cepat Indonesia China (KCIC) yakni Red Komodo dan Yellow Komodo.

BACA JUGA:VIRAL! Kembali Bikin Ulah, Oknum Polisi Gunakan Mobil Dinas dan Enggan Bayar Tol

Keduanya hilir mudik melintasi rel yang menghubungkan antara Stasiun Tegalluar hingga ke Stasiun Halim, Jakarta Timur.

Wakil Menteri 2 Kementerian BUMN, Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan, dari commissioning test yang dilakukan telah terbukti bahwa seluruh sarana prasarana sudah berfungsi dengan baik.

Baik dari lokomotif, rangkaian, rel, sinyal, hingga kelistrikan. Sehingga, uji coba ini akan terus ditingkatkan sampai kecepatan puncak yang diperbolehkan yakni 385 kilometer per jam.

Dengan kecepatan tersebut, tentu saja rangkaian kereta ini bakal setara dengan mobil Formula 1 (F1) yang juga bisa mencapai kecepatan tersebut.

BACA JUGA:Siagakan Alutsista, Yon Arhanud 14 PWY Cirebon Lindungi Bandar Udara Cakrabuana dari Serangan Musuh

"Kecepatan perjalanan akan ditingkatkan sampai puncak kecepatan 385 kilometer per jam," kata Kartika, dilansir dari siaran pers KCIC, Jumat, 26, Mei 2023.

Kartika menambahkan, untuk mencacpai puncak kecepatan tersebut perlu dilaksanakan beberapa penyempurnaan seperti sound barrier dan pagar pengaman.

Penyempurnaan tersebut tidak lain demi kenyamanan masyarakat saat Kereta Cepat Jakarta Bandung melintas pada puncak kecepatan.

Direktur Utama KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi menambahkan, peningkatan kecepatan perjalanan merupakan bagian dari test ccommissioning yang dilaksanakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: