WADUH! Syekh Panji Gumilang Minta Kolom Agama di KTP Dihapus: Sudahlah Jangan Dicantumkan Agama

WADUH! Syekh Panji Gumilang Minta Kolom Agama di KTP Dihapus: Sudahlah Jangan Dicantumkan Agama

Di balik tidak lazimnya tindakan Syekh Panji Gumilang di Al Zaytun-Mahad Al Zaytun-radarcirebon.com

BACA JUGA:Misi Sutardi Setelah Terpilih Jadi Ketua Umum KONI Kabupaten Cirebon, Mengincar CSR Perusahaan

Dikhawatirkan Syekh Panji, pencatuman kolom agama di KTP justru bakal menciderai Ketuhanan Yang Maha Esa dan tidak adanya Persatuan Indonesia.

"Kalau ada agama nanti yang berpikiran macam-macam dicatat. Nah ini namanya tidak ada persatuan Indonesia," tegasnya.

Syekh Panji Gumilang berharap agar usul tersebut didengar oleh Menteri Dalam Negeri dan diimplementasikan kepada masyarakat.

"Mudah-mudahan didengar dan setelah itu, menteri dalam negeri mengubah bentuk KTP. Hilangkan agama, karena sudah punya rumah Ketuhanan Yang Maha Esa," tegasnya.

BACA JUGA:Pengakuan Lucky Hakim setelah Ikut Ucapkan Salam Yahudi Bareng Panji Gumilang: Jelas Berbeda!

Pada kesempatan taushiyah itu, Syekh Panji Gumilang menyebut bahwa pendidikan di Mahad Al Zaytun selangkah lebih maju, karena menanamkan filosofi hidup bersama.

"Harus bangga menjadi bangsa Indonesia, karena punya budaya antar bangsa. Coba dasarnya itu universal. Semua agama ada di Indonesia dan punya rumah."

"Jadi kira-kira pendidikan yang begini melangkah selangkah manu? Disepakati atau tidak disepakati, kita melangkah. Indonesia memerlukan yang seperti itu," tegasnya.

Dia pun menyayangkan belakangan ini, orang seringkali ribut dengan masalah nasab. Sehingga seolah tidak ada kebanggaan menjadi Bangsa Indonesia.

BACA JUGA:Panji Gumilang Sebut Haleluya Sama Dengan Tahlilan, Ahlinya Ahli: Toleransi yang Salah

"Asik kalau begitu Indonesia. Ditanya identitasmu apa? Indonesia. Sekarang orang ditanya identitas, menonjolkan keturunan Nabi Muhammad," sindirnya.

Bahkan kadang hanya bermodal memiliki hidung yang mancung dan brewok, lalu mengaku-ngaku sebagai keturunan Nabi Muhammad SAW.

"Walaupun hidung mancung ada sedikit brewok mengaku keturunan nabi. Sedikit-sedikit nasab nabi. Harusnya lebih gagah, apa nasabmu? Indonesia. Kan gagah begitu," bebernya.

Demikian usul dari pendiri Mahad Al Zaytun, Syekh Panji Gumilang untuk hapus kolom agama di KTP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: