Tak Dianggap Banyak Orang, Syekh Panji Gumilang Justru Serius, Soal Apa Itu?

Tak Dianggap Banyak Orang, Syekh Panji Gumilang Justru Serius, Soal Apa Itu?

Syekh Panji Gumilang sangat memperhatikan kebutuhan dan kemandirian pangan di Al Zaytun. -Mahad Al Zaytun-radarcirebon.com

INDRAMAYU, RADARCIREBON.COM - Banyak orang memandang sebelah mata soal yang satu ini. Namun lain halnya dengan Syech Al Zaytun Panji Gumilang. Dia justru mati-matian mengupayakannya.

Soal apa, sehingga Panji Gumilang begitu serius mendalami dan mengupayakannya? Ya, soal cadangan pangan alternatif. pangan tersebut bisa melengkapi makanan pokok yang sudah melimpah ruah di pondok itu.

Ternyata soal yang satu ini, Panji Gumilang benar-benar mati-matian memuliakannya sejak dulu. Maka wajar jika sekarang pondok yang dipimpinnya itu kaya akan cadangan pangan alternatif itu.

Harus diakui, pria yang bernama lengkap Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang ini memang praktisi dan akademisi pencinta agronomi.

BACA JUGA:TERCENGANG! Panji Gumilang Ternyata Keturunan Pendiri NU

Syech Panji Gumilang, tidak pernah berhenti melakukan penelitian mengenai pertanian-pangan. Dia terus mengupayakan kemandirian pangan di Al Zaytun.


Bertempat di Mahad Al Zaytun Gantar Indramayu Jawa Barat, Barat pada Sabtu 13 Juli 2019, serius sekali Syech Panji Gumilang meneliti beberapa pangan alternatif.

Dia begitu serius untuk menciptakan berbagai sumber pangan. Atau dengan istilah diversifikasi pangan di pondok tersebut.

Sumber pangan itu masih dipandang sebelah mata oleh sebagian besar bangsa Indonesia. Padahal jika diteliti, mempunyai nilai yang tinggi untuk mencerdaskan bangsa kita.

BACA JUGA:Hore! Presiden Godok Rencana Kenaikan Gaji PNS 2024 Mendatang

Pangan alternatif itu juga bisa mengokohkan tulang bangsa. Karena pangan alternatif itu memang sumber kalsium.

Menurut Syech Panji, karena dipandang sebelah mata, hanya sedikit orang yang membudidayakan dalam skala besar dan luas.  Bahkan sebagian besar hanya untuk penelitian.

Apa saja cadangan pangan alternatif yang dimaksud Panji Gumilang? Inilah jenisnya:

1. Gondem atau Sorgum

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: