HEBOH Pesawat Asing Parkir di Bandara Kertajati, Diduga Pembelian Gelap Oleh Iran, PT BIJB: Dokumen Sah

HEBOH Pesawat Asing Parkir di Bandara Kertajati, Diduga Pembelian Gelap Oleh Iran, PT BIJB: Dokumen Sah

Terdapat 2 pesawat asing yang parkir di Bandara Kertajati Majalengka selama 1 tahun dan belakangan ini bikin heboh.-Dokumen-radarcirebon.com

MAJALENGKA, RADARCIREBON.COM - Pesawat asing buatan Prancis berjenis Airbus A340-200 parkir kurang lebih selama 1 tahun di Bandara Kertajati MAJALENGKA.

Mulanya, pesawat ini sepi-sepi saja dari sorotan. Sampai akhirnya kembali terbang pada 23, Mei 2023 menuju Iran.

Spekulasi pun berkembang dan mencuatkan dugaan pembelian 'gelap' oleh Iran, di tengah sanksi dari Uni Eropa terhadap negara tersebut.

Meski tudingan tersebut dibantah oleh PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati (Perseroda) yang menyebut bahwa semua dokumen pesawat tersebut sah.

BACA JUGA:Syekh Panji Gumilang Ingin Ubah Pemerintahan di Indonesia, Simak Kata-katanya, Wow Ternyata

Tudingan terkait pembelian gelap pesawat Prancis tersebut diungkapkan dalam sebuah Thread Twitter. Akun @babaktaghvaee1 mengungkap bahwa ada 2 pesawat yang 1 tahun terakhir di Bandara Kertajati Majalengka.

"2 pesawat bekas Angkatan Udara Prancis yang beroperasi sampai 2020, disimpan di Indonesia. Belakangan terkonfirmasi pesawat tersebut terbang ke Iran dan salah satunya ditemukan di Bandara Chabahar Konarak," tulis keterangan akun tersebut.

Akun itu, juga menunjukkan foto pada 26, Mei 2023 saat pesawat yang dimaksud berada di Bandara Chabahar Konarak.

Utas itu, kemudian dikomentari oleh @gerjon_ yang menyebutkan bahwa Iran pada akhirnya kembali mendapatkan 1 pesawat Airbus A340.

BACA JUGA:11 Tuduhan dan Cacian untuk Syekh Panji Gumilang, Hanya Dijawab Begini

Padahal, mereka sedang mendapatkan sanksi internasional yang seharusnya tidak bisa melakukan pembelian pesawat seperti itu.

"Ini berarti Iran dapat 1 pesawat Airbus A340, meski pun sedang mendapat sanksi internasional terutama dari Eropa," tulisnya.

Dia menambahkan, model pembelian pesawat seperti ini, pernah juga dilakukan pada akhir 2022 ketika 4 pesawat A340-300 terbang ke Iran dari Johannesburg, Afrika Selatan.

"Sebagai konfirmasi fisual, 4 pesawat bekas Turkish Airlines (ekor merah adn wing tips) Airbus A340-300 dari Johannesburg sampai di Mehrabad International Airport di Taheran, Iran," tulisnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: