VIRAL! Jemaah Haji Ahli Hisap, 95 Tahun Masih Ngebul Jelang Berangkat ke Tanah Suci

VIRAL! Jemaah Haji Ahli Hisap, 95 Tahun Masih Ngebul Jelang Berangkat ke Tanah Suci

Viral para jemaah haji ahli hisap yang berusia di atas 70 tahun masih fit, mereka berasal dari Desa Gerlang, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.-Ist/Tangkapan Layar-radarcirebon.com

BATANG, RADARCIREBON.COM - Video bertajuk jemaah haji ahli hisap viral di media sosial, baru-baru ini. Unggahan itu, ternyata dokumentasi dari calhaj Kabupaten BATANG, Jawa Tengah.

Video yang beredar di jejaring pesan instan menunjukkan sekelompok jemaah haji asal Kabupaten Batang sedang duduk-duduk menunggu pemberangkatan.

"Rahasia umur panjang," demikian tertulis pada keterangan video yang dilihat radarcirebon.com, Senin, 12, Juni 2023.

Perekam video menanyakan nama dari beberapa kakek yang merupakan jemaah haji tersebut. "Siapa namanya pak?" tanya perekam video.

BACA JUGA:Jemaah Haji Kloter 15 Diberangkatkan dari Bandara Kertajati, Ada 50 Risiko Tinggi, Didampingi 8 Petugas

Para jemaah tersebut menjawab bahwa mereka berasal dari Desa Gerlang, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang.

"Umure pinten? Usia berapa? Umur berapa?" tanya perekam tersebut. Kemudian dijawab salah satu jemaah yang bernama Sing Mulyo: "75 tahun," katanya.

Kemudian perekam video bergeser kepada jemaah lainnya yang bernama Hartono. Tak disangka, sosok yang terlihat awet muda itu telah berusia 96 tahun.

"Pak Hartono usia berapa? Luar biasa, 96 tahun. Jenengan pinten pak?" sebut perekam video sembari bergeser kepada jemaah lainnya.

BACA JUGA:Ada 5 Alasan Al Zaytun Disebut Kota Oksigen, Tebang 1 Pohon Berarti Bunuh 2 Manusia

Ternyata, jemaah tersebut juga tidak kalah lanjut usia. Karea sudah berusia 70. Ternyata di kelompok itu, ada juga jemaah yang telah berusia 95 tahun.

"Ini yah, ahli hisap semua. Luar biasa. Umur panjang, sehat, bahagia. Alhamdulillah, luar biasa ini teman-teman," sebutnya.

"Jemaah dari Batang ahli hisap semua, luar biasa. Jos," sebut perekam video tersebut.

Seperti diketahui, berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama, per 23, Maret 2023 terdapat 66.943 jemaah haji lanjut usia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: