Kabupaten Majalengka Juara Umum Porsenitas ke-X Kunci Bersama Jabar-Jateng

Kabupaten Majalengka Juara Umum Porsenitas ke-X Kunci Bersama Jabar-Jateng

Wakil Bupati Majalengka Tarsono D Mardiana didampingi kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Yusanto Wibowo menerima tropi juara umum Porsenitas ke-X.-Ono Cahyono-Radar Majalengka

MAJALENGKA, RADARCIREBON.COM – Pekan Olahraga Seni Wilayah Perbatasan (Porsenitas) KE-X Jabar-Jateng yang digelar 7 hingga 10 Juni 2023, di Kabupaten Majalengka sudah berakhir.

Tuan Rumah Kabupaten Majalengka berhasil meraih gelar juara umum Porsenitas ke-X.

BACA JUGA:Kecil Mungil Hawaii, Salah Satu Ciri Khas Mahad Al Zaytun, Penasaran Kan Apa Itu?

Kabupaten Majalengka berhasil mengungguli raihan medali dari kabupaten/kota dari Jawa Barat dan Jawa Tengah yang tergabung dalam KUNCI BERSAMA yaitu Kabupaten Kuningan, Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Brebes.

Penutupan Porsenitas dilaksanakan di Hall Gedung Creative Center Majalengka, Sabtu 10 Mei 2023 dihadiri Bupati Kuningan, Wakil Bupati Majalengka, perwakilan 9 kabupaten/kota lainnya.

BACA JUGA:Panji Gumilang Bakal Bangun Gedung Tertinggi di Indramayu, Juli Mendatang Sudah Masuk Perencanaan

Pada gelaran pekan olah raga tersebut Kabupaten Majalengka berhasil memperoleh medali sebanyak 42 medali. Di antaranya 12 medali emas, 6 medali perak dan 24 medali perunggu.

Porsenitas yang berlangsung selama tiga hari ini menampilkan sepuluh cabang olahraga (cabor) diantaranya yaitu bulutangkis, bola voli pasir dan indor, catur, tenis kapangan, tenis meja, biliard, 2 cabor tradisional, yaitu hadang (daluan) dan tarumpah (bakiak) panjang dan seni pertunjukan.

BACA JUGA:Sekda Setiawan: Esports Bakal Jadi Cabang Olahraga Prospektif

Wakil Bupati Majalengka Tarsono D Mardiana mengapresiasi kegiatan Porsenitas yang merupakan salah satu “kunci bersama” di ajang olahraga dan seni.

Keberhasilan porsenitas yang di selenggarakan dalam wujud bertanding, tetapi dalam kenyataannya mewujudkan tali silaturahmi.

"Bukan hadiah atau piala yang dijadikan patokan tapi kunci kebersamaan dan persaudaraan yang menjadi kegiatan porsenitas ini," kata wabup.

BACA JUGA:Kapal Besar Al Zaytun Siap Meluncur ke Lautan, Detik-detik Menegangkan

Wakil Bupati meminta maaf apabila ada kekurangan dalam penyelenggaraan kegiatan porsenitas ke X di Kabupaten Majalengka.

Sementara itu, Bupati Kuningan H Acep Purnama yang merupakan Ketua Kunci Bersama dalam sambutanya mengatakan pelaksanaan porsenitas menjadikan serumpun kebersamaan dan keakraban dalam segala bidang.

BACA JUGA:Mahad Al Zaytun Kembangkan Quinoa, Makanan Sehat Penuh Gizi

"Bukan hanya kegiatan olah raga dan seni, tapi ‘Kunci Bersama’ silaturahim yang terus berlanjut tidak hanya berhenti di Porsenitas, tapi harus dibangun kerjasama. Bukan hanya terkait pembangunan secara fisik melainkan disegala bidang pemerintahan, ekonomi, pertanian, dan bidang lainnya,” katanya.

Dengan adanya kegiatan turnamen olahraga dan seni budaya menjadi perekat Kunci Bersama antara 10 kabupaten/kota dari dua Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah.

BACA JUGA:Buka Job Fair, Bupati Imron: Salah Satu Cara Tekan Angka Pengangguran

Acep mengucapkan banyak terima kasih kepada Kabupaten Majalengka selaku panitia yang telah sukses menyelenggarakan kegiatan Porsenitas ke X dengan aman dan lancar sampai penutupan.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Majalengka Yusanto Wibowo menambahkan untuk Porsenitas ke X juara Seni pertunjukan juara pertama Kabupaten Cilacap, kedua Kota Cirebon dan juara ke tiga Kabupaten Majalengka.

Sedangkan stand produk unggulan juara pertama Kabupaten Majalengka, juara kedua Kabupaten Kuningan dan juara ke tiga Kabupaten Cilacap. (ono)

 

PEROLEHAN MEDALI POSENITAS KE-X 2023 

1. Kabupaten Majalengka 12 Emas, 6 Perak, 24 Perunggu total 42 Medali.

2. Kabupaten Kuningan 9 Emas, 10 Perak, 10 Perunggu total 29 Medali.

3. Kabupaten Ciamis 7 Emas, 4 Perak, 9 Perunggu total 20 Medali.

4. Kabupaten Cilacap 6 Emas, 5 Perak, 12 Perunggu total 23 Medali.

5. Kabupaten Brebes 4 Emas, 4 Perak, 2 Perunggu total 10 Medali.

6. Kabupaten Cirebon 3 Emas, 5 Perak, 4 Perunggu total 12 Medali.

7. Kota Cirebon 1 Emas, 5 Perak, 6 Perunggu total 12 Medali.

8. Kabupaten Pangandaran 1 Emas, 3 Perak, 10 Perunggu total 14 Medali.

9. Kabupaten Banjar 1 Emas, 1 Perak, 1 Perunggu total 3 Medali.

10. Kabupaten Indramyu 0 Emas, 0 Perak, 2 Perunggu total 2 Medali.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase