Mahad Al Zaytun Kembangkan Quinoa, Makanan Sehat Penuh Gizi

Mahad Al Zaytun Kembangkan Quinoa, Makanan Sehat Penuh Gizi

Mahad Al Zaytun di Indramayu-Mahad Al Zaytun-radarcirebon.com

INDRAMAYU, RADARCIREBON.COM - Ada-ada saja yang terus dilakukan Mahad Al Zaytun, terutama dalam hal kemandirian pangan. Selalu ada ide baru untuk menyiapkan pangan bagi para warganya.

Juga, pondok yang dipimpin oleh Syech Panji Gumilang itu selalu menjadi contoh inovasi dalam bidang pangan. Bukan saja untuk Indrmayu, tapi juga Indonesia.

BACA JUGA:Buka Job Fair, Bupati Imron: Salah Satu Cara Tekan Angka Pengangguran

Ada satu inovasi dalam bidang pangan yang dilakukan Al Zaytun. Pondok yang berlokasi di Mekarjaya, Gantar, Indramayu telah mengembangkan tanaman Quinoa.

Tanaman itu bisa dijadikan komplemen beras. Tentu bukan hanya untuk Al Zaytun. Tetapi juga bisa untuk Indonesia.

Nama ini masih asing di telinga masyarakat Indonesia. Padahal Quinoa ini sangat bagus dalam turut menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Karena Quinoa adalah sumber makanan sehat penuh gizi.

BACA JUGA:Bentani Hotel Cirebon Gelar Donor Darah, Setahun Dilaksanakan 4 Kali

Lalu apa itu Quinoa? Untuk lebih detailnya simak saja penjelasan dr Anastasia Shinta yang direview oleh Thu Thruong, PharmD:

Seiring dengan semakin tingginya kesadaran manusia akan pentingnya gaya hidup sehat, berbagai produk makanan yang diklaim bagus untuk kesehatan pun semakin banyak bermunculan. Salah satu produk makanan yang akan kita bahas dalam kesempatan ini adalah quinoa.

Apa itu quinoa? Quinoa adalah biji-bijian yang berasal dari tanaman Chenopodium quinoa. Tanaman ini sudah ada sejak kurang lebih 5000 tahun yang lalu.

BACA JUGA:Curat Terhadap Ponakannya, Pemuda Ini Terancam Hukuman 9 Tahun Penjara

Tanaman ini adalah tanaman asli daerah region Andean Peru,  Ekuador, Bolivia, dan Kolombia. Saat ini negara penghasil utama quinoa di dunia adalah Peru, Bolivia, dan Amerika Serikat (Colorado dan Nevada).

Kultivasi quinoa juga sudah mulai banyak dikembangkan di negara lain seperti Belanda, Italia, Inggris, Swedia, Denmark, Prancis, dan Kenya. Juga di daerah Himalaya, dan utara India.

Ada beberapa tipe quinoa. Ada yang berwarna putih/gading, merah/ungu, atau cokelat/hitam. Quinoa yang beredar di Indonesia biasanya quinoa putih dan merah.

BACA JUGA:Panji Gumilang Dipuji Profesor IMCA, Soal Apa?

Apa saja kandungan gizi di dalam quinoa?Quinoa tinggi akan protein, kandungan lemak tak jenuh, kaya serat, dan mengandung berbagai mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh.

Protein dalam quinoa lebih tinggi bila dibandingkan dengan produk biji lain. Tetapi keunggulan quinoa lebih pada kualitas kandungan proteinnya.

Protein dibentuk dari asam amino. Delapan asam amino esensial yang dinilai sangat penting bagi anak-anak dan orang dewasa yaitu isoleucin, leucine, lysine, methionine, phenylalanin, threonine, tryptophan, dan valine terdapat dalam quinoa.

 BACA JUGA:Polres Cirebon Kota Tangkap Sindikat Penipu Asal Makassar, Pelakunya ada 7 Orang

Kandungan asam amino esensial lysine pada produk bijirin lainnya rendah. Kandungan asam amino esensial methionine dan cysteine pada sebagian besar kacang-kacangan juga rendah.

Setengah dari lemak yang terkandung dalam quinoa berupa asam lemak esensial omega 3 (linolenic) dan asam lemak esensial omega 6 (linoleic). Linolenic dan linoleic disebut asam lemak esensial karena tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh.

Kandungan serat dalam quinoa lebih tinggi dibanding dalam biji lain, tetapi lebih rendah bila dibandingkan dengan kandungan serat pada kacang-kacangan.

BACA JUGA:Muhammadiyah Tetapkan Idul Adha 1444 H pada Rabu 28 Juni 2023, Cuti Bersama Minta Ditambah

Quinoa banyak mengandung mineral seperti zat besi, copper, mangan, dan fosfor. Vitamin yang banyak terdapat dalam quinoa yaitu vitamin B (riboflavin, asam folat) dan  vitamin E. Vitamin E bekerja sebagai anti oksidan.

Apa manfaat quinoa untuk kesehatan?

Karena tidak mengandung gluten, quinoa dapat digunakan sebagai pengganti karbohidrat pada penderita celiac disease maupun intoleransi gluten.

Quinoa juga baik dikonsumi para penderita diabetes. Kandungan serat yang tinggi dalam quinoa membuat laju pelepasan gula ke pembuluh darah lebih lambat, sehingga kerja insulin dalam tubuh terbantu.

Selain itu, serat juga dapat membuat tubuh cepat merasa kenyang, dan melancarkan kerja saluran pencernaan  (mencegah sembelit). Kandugangan lysine dalam quinoa membantu penyembuhan otot-otot tubuh.

BACA JUGA:Selalu Diterpa Isu Miring, Orang Tua dan Santri Tetap Kepincut dengan Pondok Pesantren Al Zaytun

Zat mineral copper dan mangan membantu tubuh melawan radikal bebas dan menjaga kekuatan tulang. Zat besi dan fosfor penting dalam proses pembentukan energi.

Bagaimana cara menggunakan quinoa?

Di Indonesia, quinoa dapat ditemukan di supermarket-supermarket besar maupun toko-toko online yang menjual bahan-bahan makanan sehat.

Sebelum digunakan, quinoa harus dibilas dulu untuk menghilangkan saponin pada permukaannya. Saponin menyebabkan quinoa terasa pahit saat dimakan. Pilihan lain adalah membeli quinoa yang sudah dibilas sebelum dikemas.

BACA JUGA:Momen Shin Tae-yong 'Jadi' Orang Jawa, Terima Kasih!

Cara memasak quinoa hampir sama dengan cara memasak nasi. Dibutuhkan air sebanyak 2 gelas untuk memasak 1 gelas quinoa. Setelah quinoa dicampur dengan air, rebus selama kurang lebih 15 menit hingga seluruh air meresap.

Karena rasanya yang tawar, quinoa dapat digunakan dalam berbagai jenis masakan baik campuran sayur untuk makanan pembuka, makanan utama sebagai pengganti nasi, bahan makanan penutup, maupun sebagai bahan pembuat camilan.

Quinoa mengandung banyak nutrisi.  Quinoa dapat digunakan sebagai pelengkap produk-produk makanan yang lain, sehingga komponen makanan yang kita konsumsi menjadi lebih seimbang dan kecukupan gizi tubuh menjadi lebih optimal. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase