Pasukan Anjing Herder Mahad Al Zaytun, Pesantren Kok Punya Anjing?

Pasukan Anjing Herder Mahad Al Zaytun, Pesantren Kok Punya Anjing?

Syekh Panji Gumilang memiliki Pasukan Anjing Herder yang menjaga Mahad Al Zaytun. -Adun Sastra-radarcirebon.com

INDRAMAYU, RADARCIREBON.COM - Keberadaan pasukan herder saat penyambutan demo di Mahad Al Zaytun menjadi sorotan. Karena ada beberapa jenis anjing yang dipelihara oleh pondok pesantren tersebut.

Syekh Panji Gumilang menceritakan pertanyaan kalau pesantren memelihara anjing pasti akan muncul. Apalagi sampai memiliki pasukan herder. Jumlahnya pun tidak main-main. 

Pasukan herder itu, terdiri dari 3 unit. Masing-masing unit memiliki 11 anjing dengan jenis alaskan dan herder. Namun dari semua anjing itu, ada 1 yang spesial yakni Warok Suromenggolo.

"Pesantren kok punya anjing ya? Emang polisi saja yang punya anjing. Syekh itu memelihara anjing yang namanya Suro Menggolo. Waktu dapat itu, namanya Jones. Saya tidak mau. Warok Suro Menggolo," kata Syekh Panji Gumilang.

BACA JUGA:Jelang Hari Raya Idul Adha, Kapolsek Panyingkiran Keliling Cek Hewan Kurban di Wilayah Panyingkiran

Disampaikan syekh, dirinya memelihara Suro Menggolo sejak masih piyik atau sangat kecil. Kemudian sampai besar dan terlatih seperti sekarang ini. 

Bahkan saking dekatnya, anjing itu sangat memahami instruksi yang diberikan tanpa harus bicara. Misalnya cukup dengan gerakan tangan dan senyuman.

"Bahasa isyarat kepada anjing itu, tidak perlu bicara. Hanya perlu diam saja. Kalau syekh senyum, nyampaikan tangannya 1. Senyum lagi, dikasih tangannya 2," ungkapnya.

Baginya memelihara anjing itu, sama dengan hewan lainnya. Sehingga tidak perlu dibenci berlebihan. Sebab, hewan ini sangat setia kepada tuannya.

BACA JUGA:Tidak Sesuai Syariat Islam, MUI Imbau Tidak Sekolahkan Anak di Al Zaytun Indramayu

"Satu ketika, ada biawak. Kurang lebih 8 meter jauhnya. Ngerti dia, menyerang. Melompat hampir 8 meter," ungkapnya. 

Kendati demikian, kesukaan Syekh Al Zaytun kepada anjing tidak ditampilkan ke publik, karena khawatir disalahartikan. Meski dirinya sering mengajak jalan-jalan Suro Menggolo.

"Sekali waktu, partnernya kita ajak jalan-jalan. Syekh ini, suka nuntun anjing juga. Jangan dipotret, nanti orang macam-macam-macam," tandasnya.

Menurutnya, sebagai manusia tidak perlu dengan hewan seperti anjing. Sebab, jauh lebih setia dari manusia yang tidak setia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: