Sebelum Syekh Panji Gumilang, 13 Tahun Lalu Cak Nun Nyanyikan Havenu Shalom Aleichem Bersama Kiai Kanjeng

Sebelum Syekh Panji Gumilang, 13 Tahun Lalu Cak Nun Nyanyikan Havenu Shalom Aleichem Bersama Kiai Kanjeng

Syekh Panji Gumilang menuai kontroversi setelah menyanyikan lagu Havenu Shalom Aleichem, di mana lagu serupa juga pernah dinyanyikan Cak Nun bersama Kiai Kanjeng.-Mahad Al Zaytun-radarcirebon.com

BACA JUGA:LIHAT YUK! Penampakan Terakhir Tol Cisumdawu Sebelum Dibuka, dari Cirebon Bisa Malam Mingguan di Bandung

"Syekh mengajak kita mengucapkan salah yang tidak hanya Assalamualaikum saja, sambil kita bernyanyi," demikian disampaikan syekh.

Syekh Al Zaytun menambahkan, masyararakat yang hadir di kesempatan tersebut pasti bisa bernyanyi meski tidak terlalu pandai.

"Kita ucapkan kepada sahabat kita Havenu Shalom Aleichem dalam bentuk bernyanyi. Semua saya minta berdiri, karena ini 1 Suro. Ayo kita menyanyi. Supaya tahu, Havenu Shalom Aleichem," kata Syekh Panji Gumilang memandu.

Kemudian Syekh Al Zaytun melantunkan lirik untuk memandu peserta yang hadir di masjid tersebut. "Havenu shalom aleichem, havenu shalom, shalom, shalom aleichem," sebutnya.

BACA JUGA:SAKING GERAM, Ada Yang sampai Pukul Meja, Sikap Tokoh Ulama Terhadap Panji Gumilang

Havenu Shalom Aleichem yang heboh tersebut sebenarnya berarti sama dengan Assalamualaikum Wr WB yang biasa digunakan oleh umat Islam.

Syekh sendiri menyinggung soal penggunaan Bahasa Ibrani atau Yahudi yang bikin geger tersebut, karena pengetahuan masyarakat yang masih terbatas.

“Orang baru dengar Bahasa Ibrani, Yahudi geger. Karena terbatas pengatahuannya,” kata Syekh Al Zaytun saat menanggapi demo ke Mahad Al Zaytun belum lama ini.

Lantas, syekh mengungkap salam lainnya yakni: Shalom haverim. Yang berarti ucapan selamat datang kawan-kawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: