Tahun Ini 550 PJU Baru Bakal Terpasang di Ruas Jalan Kabupaten Cirebon

Tahun Ini 550 PJU Baru Bakal Terpasang di Ruas Jalan Kabupaten Cirebon

Kabid Prasarana Dishub Kabupaten Cirebon Yayan Sunarya SH (kanan) didampingi Kasi Perencanaan dan Pengembangan Prasarana, Rohmat Priyatin menjelaskan terkait teknis rencana pemasangan PJU dari anggaran Pemprov Jabar.-Samsul Huda-Radar Cirebon

CIREBON, RADARCIREBON.COM – Setelah sekian tahun belum terwujud, akhirnya program Cirebon Terang tahun ini bakal terrealisasi.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Cirebon pada tahun ini, akan diberikan anggaran sebesar Rp 14,3 miliar dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk Penerangan Jalan Umum (PJU).

BACA JUGA:Kalah 0-2 Dari Argentina, Shin Tae-yong: Terima Kasih Sudah Mengundang Mereka

Kabid Prasarana Dishub Kabupaten Cirebon, Yayan Sunarya SH didampingi Kasi Perencanaan dan Pengembangan Prasarana, Rohmat Priyatin mengatakan, akan ada 550 PJU baru yang akan dipasang Dishub.

Pemasangan itu di sejumlah jalur strategis milik Pemkab Cirebon. Titik koordinatnya pun sudah ditentukan. Sejak proposal pengajuan dilayangkan. Artinya, titik pemasangan PJU tidak bisa digasar-geser.  

BACA JUGA:Pujian Scaloni: Permainan dan Mentalitas Indonesia Tidak Jauh dengan Argentina

“Untuk pemasangan baru, sebanyak 550 titik yang sudah ditetapkan. Semuanya menggunakan PJU smart system. Nanti bisa dimonitor langsung dari HP,” kata Kasi Perencanaan dan Pengembangan Prasarana, Rohmat Priyatin, kemarin.

Adapun untuk pemeliharaan, ungkap Yayat begitu sapaan akrabnya, disediakan untuk 400 titik. Itu sudah menyesuaikan dengan anggaran yang tersedia. Padahal kebutuhan pemeliharaan lebih banyak. Sudah dihitung totalnya tembus di angka 3.000 titik.

BACA JUGA:Pesan Wagub Uu Saat ke Buntet Cirebon: Santri Harus Punya Gerakan Perubahan

“Jadi kita batasi untuk 400 titik saja. Nanti akan kita perbaiki. Lampu-lampu lama, lampu konvensional, kita ganti. Pakai lampu LED. Itu bisa mengurangi daya. Otomatis akan ada efisiensi pembayaran listrik ke PLN. Lampunya juga nanti nyala otomatis,”  terangnya.

Yayat menjelaskan, pengadaan ini, mengunakan sistem e-katalog. Tidak ada lelang. Standar pertiangnya, sudah ditentukan, nilainya Rp19,7 juta. Mulai dari pondasi sampai menyala.  

BACA JUGA:HARI INI Tim Investigasi Pemprov Jabar Meluncur ke Al Zaytun, Ridwan Kamil: Sudah Beberapa Kali Mereka Menolak

“Prioritas pemasangannya di jalan strategis. Yakni di ruas jalan yang banyak dilintasi. Dipastikan, terpasang di ruas jalan milik kabupaten. Tidak di jalan milik provinsi. Apalagi jalan nasional,” ungkapnya.

Salah satunya ruas jalan yang bakal dipasang PJU adalah, Arjawinangun-Suranenggala dan Kanci-Sindanglaut. Kemudian, Kawasan Kecamatan Sumber pun menjadi salah satu yang diprioritaskan. Yakni di jalan Ki Bagus Rangin dan Taman Sumber akan ada pemasangan PJU baru.

BACA JUGA:Pelatih Argentina Lionel Scalona Puji Gaya Permainan Anak Asuh Shin Tae-yong

“Untuk petunjuk teknisnya sudah ada. Pun juga dengan ketentuannya. Diantaranya, terkait panjang tiang, tidak boleh kurang dari 7 meter,” paparnya.

“Arahan dari provinsi sesuai dengan usulan awal. Bahwa pemasangan PJU lokusnya tidak bisa dipindah-pindah. Sesuai titik kordinat. Termasuk wattnya juga,” sambungnya.

BACA JUGA:Adakan Taiwanese Customer Gathering, J Trust Bank Siap Menjadi Mitra Perbankan Pelaku Usaha Taiwan

Sementara itu, Kabid Prasarana Dishub, Yayan Sunarya SH menjelaskan, pihaknya berencana membuat kajian terkait kebutuhan PJU se Kabupaten Cirebon.”

“Kajian itu, nantinya sebagai database Dishub. “Sebenarnya berapa sih kebutuhan PJU se Kab Cirebon. Kita akan bikin kajiannya, untuk lima tahun kedepan,” katanya.

“Selama ini kan setiap tahun selalu disurvei. Terus begitu. Kedepan pola itu, akan coba kita ubah. Karena sampai sejauh ini kita belum punya databasenya. Jadi kajian ini untuk memudahkan dalam pemeliharaan,” katanya. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase