Salat Idul Adha di Masjid Attaqwa Kota Cirebon: Hari Besar Kemanusiaan dan Keimanan

Salat Idul Adha di Masjid Attaqwa Kota Cirebon: Hari Besar Kemanusiaan dan Keimanan

Mahkamah Konstitusi tetap melarang kampanye di tempat ibadah, seperti masjid. -Seno-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Salat Idul Adha dilaksanakan di Masjid Attaqwa, Kota CIREBON dan diikutin ribuan umat Islam, Kamis, 29, Juni 2023.

Dalam sambutan walikota yang dibacakan usai pelaksanaan salat, disebutkan bahwa Idul Adha adalah hari besar bagi kemanusiaan dan keimanan.

"Hari ini adalah hari besar kemanusiaan dan keimanan. Sebuah peristiwa yang menjadi awal syiar penyembelihan hewan kurban," demikian sambutan walikota yang dibacakan dalam kesempatan itu. 

Disebutkan bahwa Idul Adha dan kurban adalah peristiwa yang menunjukkan besarnya pengorbanan dan ketinggian iman dari Nabi Ibrahim Alaihissalam, yang berdasarkan wahyu illahi, diperintahkan untuk menyembelih putranya, Ismail Alaihissalam.

BACA JUGA:Aktivis Monique Rijkers Sarankan Pesantren Nyanyikan Lagu Yahudi seperti Al Zaytun, Ini Alasannya

"Sungguh menjadi sebuah ujian keimanan yang amat sukar dan berat dilaksanakan, bahkan tidak terbayangkan dari segi kemanusiaan," katanya.

Spirit pengorbanan Nabi Ibrahim adalah sesuatu yang sangat langka dalam konteks kekinian. "Idul Adha mengandung spirit untuk menguatkan kembali ikatan-ikatan yang telah terlepas itu," sebutnya. 

Spirit yang terlahir sekian ribu tahun lalu itu menjadi sangat relevan hingga hari ini, khususnya dalam konteks Indonesia.

Semangat ini bahkan telah menjadi sebuah urgensi karena banyak persoalan bangsa muncul akibat lemahnya spirit untuk berkorban bagi orang lain, spirit untuk berkorban bagi sesama.

BACA JUGA:Salat Ied di Masjid Al Hidayah Cirebon: Idul Adha dan Belajar Ikhlas dalam Ibadah

"Kita harus menyadari bahwa kita semua dituntut memiliki spirit pengorbanan demi kepentingan masyarakat yang lebih besar dan lebih luas," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: