Aktivis Monique Rijkers Sarankan Pesantren Nyanyikan Lagu Yahudi seperti Al Zaytun, Ini Alasannya

Aktivis Monique Rijkers Sarankan Pesantren Nyanyikan Lagu Yahudi seperti Al Zaytun, Ini Alasannya

Aktivis Pro Yahudi, Monique Rijkers menyampaikan pendapat terkait Lagu Yahudi yang dinyanyikan santri Mahad Al Zaytun dan Syekh Panji Gumilang.-Monique Rijkers/Ig-radarcirebon.com

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Aktivis Yahudi, Monique Rijkers memuji apa yang dilakukan Syekh Panji Gumilang di Pondok Pesantren Mahad Al Zaytun termasuk soal nanyian Lagu Yahudi.

Monique Rijkers yang merupakan aktivis toleransi dan keberagaman mengaku menyambut baik kegiatan Al Zaytun. Sebab, sebagai institusi pendidikan Islam tetapi berani tampil dengan wajah toleran.

Baginya, Havenu Shalom Aleichem adalah Lagu Rakyat Yahudi. Bukan lagu Israel. "Semua orang Yahudi di seluruh dunia mengenal lagu ini," katanya.

Shalom Aleichem berarti damai untuk semua. Selain itu, ada juga Hava Nagila yang berarti mari bersuka cita.

BACA JUGA:Salat Ied di Masjid Al Hidayah Cirebon: Idul Adha dan Belajar Ikhlas dalam Ibadah

Santri Al Zaytun pernah datang untuk meminta izin bisa terlibat dalam acara Festival Film Toleransi. Nyanyi lagu Yahudi dengan iringan musik keroncong.

Mereka, kata dia, menampilkan lagu yang luar biasa bagus dan indah. Kalau tentang lagu, tidak ada masalah sama sekali. Karena hanya lagu berbahasa Ibrani.

"Toh kita boleh dong menyanyi lagu bahasa apa saja. Lagipula Lagu Shalom Aleichem sudah pernah dipopulerkan MH Ainun Nadjib di tahun 2010," kata di acara Catatan Demokrasi TvOne.

Terkait pernyataan Syekh Panji Gumilang yang menyarankan agar Indonesia membuka hubungan diplomatik dengan Israel, harusnya juga tidak menjadi masalah.

BACA JUGA:Panji Gumilang Bangun 'Bahtera Nabi Nuh' untuk Kabur Bersama Pengikut saat 'Kiamat' Al Zaytun? Terungkap Ini..

Toh negara Islam lainnya di Timur Tengah seperti Maroko, Bahrain hingga Tunisial juga membuka hubungan diplomatik dengan Israel.

Lagi-lagi, Monique Rijkers kembali memuji apa yang dilakukan oleh Syekh Panji Gumilang di Mahad Al Zaytun. Bahkan meminta pondok pesantren lain mengikuti.

"Orang-orang yang masuk pesantren nanti akan menjadi pemimpin bangsa dan berkiprah di berbagai bidang. Karena itu, mereka harus menjadi orang yang penuh toleransi dan cinta damai," tegasnya.

Baginya, apa yang dilakukan Syekh Panji Gumilang adalah sebuah benih baik bagi bangsa Indonesia yang plural dan negara muslim terbesar di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: