Dahlan Iskan Prediksi, 5 Tahun Lagi Masyarakat Tidak Tergantung kepada PLN

Dahlan Iskan Prediksi, 5 Tahun Lagi Masyarakat Tidak Tergantung kepada PLN

Cara kerja solar cell yang digadang bakal menjadi sumber listrik pengganti PLN.-Eticon/Ist-radarcirebon.com

BACA JUGA:Beredar Kabar, Al Zaytun Kembali Bakal Didemo

Begitu pula, lanjut Dahlan, dengan panel solar cell. Juga akan menikmati imbas jika aki sudah  tidak impor lagi. “Rumah-rumah warga akan dipasangi panel surya, karena bahan baku utamanya yakni aki sudah mudah dan murah diperoleh,” jelasnya.

“Karena bahan baku utama motor dan mobil listrik itu sama, yakni aki. Kalau sudah tidak impor lagi, saya yakin akan masif produksinya,” ungkapnya lagi.

Cara kerja panel surya ini, tambah Dahlan, sangat mudah. Pada siang hari panel ini akan menyimpan energi panas.

Kemudian penggunaan listrik rumah tangga pada siang hari relatif lebih kecil. Sehingga energi panas itu bisa disimpan untuk malam hari.

BACA JUGA:Bukan Sate Kambing, Ini Dia 3 Bahan Alami yang Ampuh Tingkatkan Stamina Pria, Istri Dijamin Senang

“Kalau ini sudah terjadi, murah sekali biaya listrik rumah tangga di Indonesia. Dan tidak lagi kebutuhan listrik bergantung kepada PLN,” jelas Dahlan Iskan.

Karena itu, walau pro dan kontra, Dahlan Islkan sangat mengapresiasi program subsidi motor listrik yang dilakukan pemerintah.

Dari program tersebutlah, nanti aki sebagai bahan baku utama motor listrik akan gampang dan murah untuk didapat.

“Nah, pengaruhnya tentu bisa dimanfaatkan oleh produksen solar cell. Bisa memproduksi dengan masih karena memiliki keekonomian yang tinggi,” ungkap Dahlan lagi.

BACA JUGA:35 Personel Polresta Cirebon Naik Pangkat

Kepada para mahasiswa Dahlan pun mengimbau agar turut berpartisipasi aktif dalam program konversi motor listrik tersebut. “Terutama untuk jurusan elektro, ini kesempatan yang sangat baik untuk perubahan,” imbau Dahlan.

Bila perlu, saran Dahlan, mahasiswa itu menginventarisasi motor-motor tua untuk dikonversi ke motor listrik. “Ini kesempatan kalau para mahasiswa ingin maju,” pungkas Dahlan sambil memberikan contoh detail sol konversi tersebut. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: