Sepeda Listrik Dilarang ke Jalan Raya, Apalagi Dipakai Anak-anak, Simak Kata-kata Kasatlantas Polresta Cirebon

Sepeda Listrik Dilarang ke Jalan Raya, Apalagi Dipakai Anak-anak, Simak Kata-kata Kasatlantas Polresta Cirebon

Sepeda listrik dilarang dipakai ke jalan raya, hal itu disampaikan Kasatlantas Polresta Cirebon.-Yuda Sanjaya-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Penggunaan sepeda listrik kian masif di tengah masyarakat, termasuk mulai masuk ke jalan raya dan dipakai oleh anak-anak.

Karenanya, kondisi tersebut menjadi perhatian dari Polresta Cirebon yang mulai pekan ini melaksanakan Operasi Patuh Lodaya.

Kasat Lantas Polresta Cirebon, Kompol M Ardi Wibowo mengatakan, sepeda listrik tidak boleh digunakan di jalan raya. Tetapi, hanya boleh dipakai di komplek, dan perumahan.

"Langkah yang dilakukan adalah memberikan imbauan kepada pengguna. Apalagi yang menggunakan anak di bawah umur," kata Kasatlantas, kepada radarcirebon.com, Senin, 10, Juli 2023.

BACA JUGA:Daftar Peserta Miss Universe Indonesia 2023, Ada Muthia F Rachman dari Cirebon

Ditambahkan Kasatlantas, ada 7 sasaran dalam operasi Patuh Lodaya 2023. Salah satunya anak-anak pengguna kendaraan di jalan umum.

"Sepeda listriknya tidak masuk dalam materi, tetapi pengemudi di bawah umur masuk dalam sasaran operasi patuh," tuturnya.

Sasaran lainnya adalah melawan arus, tidak memiliki SIM, tidak memakai helm. Kemudian diterapkan juga ETLE.

"Untuk sepeda listrik masih berupa tindakan teguran bahwa tidak boleh digunakan di jalan raya," tambahnya.

BACA JUGA:Ini Baru Keren, Cara Ribuan Guru Honorer Mengincar Porsi ASN PPPK sebelum Non-ASN Dihapus

Dalam kesempatan yang sama, Kapolresta Cirebon, Kombes Arif Budiman menyampaikan, Operasi Patuh dilaksanakan menekan angka pelanggaran, kecelakaan dan fatalitas kecelakaan. Kemudian meningkatkan kesadaran dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

"Kegiatan penegakan hukum secara simpatik, melalui ETLE baik statis maupun mobile termasuk peneguran dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat dalam lalu lintas," ungkapnya.

Operasi Patuh, kata dia, juga untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas. Sebab, selama 2022 tahun ada 200 lebih yang meninggal dunia.

"Itu yang menjadi concern bagaimana operasi ini, bisa meningkatkan kedisiplinan dan pemahanan masyarakat terhadap keamanan lalu lintas," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: