Gerontofilia Rawan Cerai, Berapa Jarak Usia Nikah yang Ideal?

Gerontofilia Rawan Cerai, Berapa Jarak Usia Nikah yang Ideal?

Jarak usia ideal pasangan menikah. -Quicsandala/Pixabay-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Menurut beberapa penelitian, selisih usia ideal pasangan hidup itu sekitar 1-3 tahun atau 3-5 tahun. Dengan ketentuan usia pria lebih tua dari pada wanita.

Tapi, perbedaan usia 1–3 tahun merupakan jarak yang paling ideal. Jarak itu dianggap ideal karena walau berbeda sedikit, namun masih sering disebut seusia.

Lalu bagaimana dengan pernikahan yang usianya terpaut jauh? Apakah ada resikonya?

Untuk membahas itu maka harus dipahami dahulu istilah gerontofilia. Istilah ini sudah populer sejak 1901.

BACA JUGA:Jadwal Peresmian Tol Cisumdawu Oleh Presiden Jokowi, Lokasinya Ada di Sini

Gerontofilia diperkenalkan oleh peneliti asal Jerman, Richard von Krafft-Ebing (1840-1902). Ia dosen pada Universitas Heidelberg, dengan spesialisasi bidang psikiatri.

Istilah ini berasal dari Bahasa Yunani: geron, berarti "orang berusia tua" dan philie, berarti "menyukai" atau "mencintai". Berarti gerontofilia merupakan ketertarikan seksual terhadap orang berusia lanjut.

Banyak orang memilih gerontofilia. Mereka secara sadar memilih pasangan hidup sebagai suami atau istri yang legal, walau terpaut usia yang sangat jauh.

Belakangan  memang sedang ramai pilihan hidup seperti itu. Beberapa pasangan yang terpaut usia. Misalnya seorang perjaka menikah dengan nenek-nenek tua. Atau, sebaliknya gadis bersedia dilamar aki-aki.

BACA JUGA:Satpol PP Indramayu Respons Info Kapal Al Zaytun Mau Turun ke Laut: Bangunan Masih Digembok

Ternyata hasil penelitian memberi alasan, bahwa karena perbedaan usia dianggap bisa menjadi solusi kesulitan dan masalah.

Juga ada yang percaya, beda usia diyakini bisa membantu melewati rintangan dan tantangan hidup yang berat. Tak kecuali riwayat kencan. 

Pernikahan merupakan sebuah hubungan yang serius. Banyak hal yang harus menjadi pertimbangkan ketika memutuskan akan menikah.

Di antara beberapa pertimbangannya adalah soal karakter, kecocokan, hingga nilai hidup. Selain itu, ada faktor lain juga yang kerap menjadi bahan pertimbangan oleh sebagian orang, yaitu usia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: