15-16 Juli 2023 Matahari Tepat di Atas Kakbah, Cek Ulang Arah Kiblat, Begini Caranya

15-16 Juli 2023 Matahari Tepat di Atas Kakbah, Cek Ulang Arah Kiblat, Begini Caranya

Tanggal 15-16 Juli 2023 mendatang, matahari tepat melintas diatas Ka'bah, saatnya melakukan cek ulang arah kiblat. -Pixabay-

JAKARTA, RADARCIREBON.COM – Pada Sabtu dan Minggu 15-16 Juli 2023 mendatang, berdasarkan data astronomi matahari akan melintas tepat di atas Kakbah pada pukul 16.27 WIB atau 17.27 WITA.

Menurut Kepala Subdirektorat Hisab Rukyat dan Syariah Kementerian Agama RI, Ismail Fahmi, bahwa peristiwa matahari melintas tepat diatas Ka’bah dikenal dengan istilah Istiwa A’zam atau Rashdul Qiblat.

“Fenomena astronomi ini akan memengaruhi posisi bayang-bayang matahari di atas Ka’bah. Arah kiblat akan sejajar dengan matahari, ditandai dengan bayang-bayang benda tegak lurus yang akan membelakangi arah kiblat,” tuturnya di Jakarta, Senin 10 Juli 2023.

Adanya fenomena alam ini,  lanjut Ismail Fahmi, umat Islam diminta memastikan kembali arah kiblat dengan cara melihat arah bayangan benda.

BACA JUGA:GERAK CEPAT! Satpol PP Indramayu Cek Galangan Kapal Al Zaytun Gara-gara Info Kapal Mau Meluncur ke Laut

“Momentum ini dapat digunakan bagi umat Islam untuk memverifikasi kembali arah kiblat. Caranya, sesuaikan arah kiblat dengan arah bayang-bayang benda pada saat Rasdhul Qiblat,” ujarnya.

“Selain itu, merujuk pada pedoman arah kiblat, pastikan benda yang menjadi patokan harus benar-benar berdiri tegak lurus atau menggunakan lot/bandul, permukaan dasar harus datar dan rata, jam pengukuran harus disesuaikan dengan BMKG, RRI, dan Telkom,” tandas Ismail Fahmi.

Diketahui, pada Sabtu dan Minggu, 27 dan 28 Mei 2023 Masehi lalu, bertepatan dengan 7 dan 8 Zulkaidah 1444 Hijriah, pukul 16.18 WIB atau 17.18 WITA, matahari juga melintas tepat di atas Ka’bah. Saat itu, Kemenag mengimbau umat Islam untuk memverifikasi arah kiblat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: