Peringati Harjad ke-654, Dandim 0614 Kota Cirebon ikuti Kirab Ziarah Makam Sunan Gunungjati

Peringati Harjad ke-654, Dandim 0614 Kota Cirebon ikuti Kirab Ziarah Makam Sunan Gunungjati

Komandan Kodim 0614/Kota Cirebon Letkol Inf Robil Syaifullah turut hadir dalam kirab ziarah makam Sunan Gunungjati dalam rangkaian kegiatan Hari Jadi Cirebon ke 654, Selasa 18 Juli 2023.-DEDI HARYADI-RADARCIREBON.COM

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Dalam rangka Hari Jadi Cirebon ke 654 tahun 2023 bertepatan dengan kalender Islam di 1 Muharram 1445H, Pemerintah Kota Cirebon menggelar kegiatan Kirab Ziarah ke Makam Sunan Gunungjati.

Kirab tersebut di laksanakan berjalan kaki yang di mulai dari depan Kantor Balaikota Cirebon Jalan Siliwangi yang diikuti sekitar 2000 orang yang dipimpin langsung oleh Wali Kota Cirebon Drs H Nashrudin Azis SH.

Kirab Ziarah makam Sunan Gunungjati merupakan rangkaian kegiatan Hari Jadi Cirebon ke 654, pada kegiatan kirab tersebut turut hadir para Pejabat Forkopimda Kota Cirenon termasuk salah satunya Komandan Kodim 0614/Kota Cirebon Letkol Inf Robil Syaifullah.

BACA JUGA:Ridwan Kamil Resmikan Apartemen Transit, Biaya Sewa Hanya Rp 200 Per Bulan

Turut hadir pula dalam kegiatan Kirab Ziarah makam Sunan Gunungjati tersebut diantaranya,  Kombes Pol I Made Sukawijaya (Kepala Dirpolairud Polda Jabar), AKBP Muhammad Rano Hadiyanto S.I.K M.M (Kapolres Cirebon Kota).

Kemudian, Letkol CPM Mudhofar. S.Pd  (Dandenpom III Cirebon), Mayor Arh Yanuar Yudistira S.T (Danyon Arhanud 14/PWY), Ibu. Hj. Dra. Eti Herawati (Wakil Walikota Cirebon), Drs. Agus Mulyadi (Sekda Kota Cirebon), Dr. H. Hilmy Riva'i, M.Pd (Sekda Kab. Cirebon), Drs. Buntoro Tirto, A.P., M.H. (Kaban Kesbangpol Kota Cirebon), Letda Laut (S) Bahrudin (Pjs Danposal Blanakan) mewakili Danlanal Cirebon dan perwakilan Jajaran SKPD Pemkot Cirebon serta Masyarakat Kota Cirrbon dan sekitarnya.

Kegiatan pelepasan kirab ziarah menuju Makam Sunan Gunungjati ke Kabupaten Cirebon di lepas oleh Wali Kota Cirebon Drs. Nasrudin Azis, yang dilaksanakan dengan berjalan kaki dengan sama-sama menabuh bedug dan menggunakan arak-arakan replika kereta Singa Barong.

BACA JUGA:Imbas KA Brantas Temperan, 5 Perjalanan KA Terganggu

Kegiatan Kirab Ziarah Makam Sunan Gunung Jati merupakan rangkaian Hari Jadi Cirebon Ke-654  yang rutin dilaksanakan setiap tahun bertepatan dengan tahun baru Islam (1 Muharam 1445 H) yang melibatkan Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Keraton Kacirebonan, dan perwakilan kecamatan se Kota Cirebon.

Dalam kegiatan kirab para peserta  mengenakan pakaian adat dan busana muslim yang kemudian berjalan kaki sekitar 5 kilometer dari Balai Kota Cirebon menuju makam Sunan Gunung Jati dengan membawa replika kereta Singa Barong. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase