Potensi Bahari di Desa Ambulu Sangat Besar, Tapi Sayang Akses Nelayan Dapatkan BBM Belum Terealisasi

Potensi Bahari di Desa Ambulu Sangat Besar, Tapi Sayang Akses Nelayan Dapatkan BBM Belum Terealisasi

Kuwu Ambulu Sunaji mendorong pembangunan SPBU bagi nelayan di TPI Ambulu. Hingga saat ini belum ada rencana pembangunan SPBN di lokasi itu. -Deny Hamdani-Radar Cirebon

CIREBON, RADARCIREBON.COM – Pemerintah Desa Ambulu, Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon mendesak kepada pihak terkait untuk segera membangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Nelayan (SPBN).

Pasalnya, nelayan di Desa Ambulu yang notabene profesi mayoritas masyarakat setempat, sangat membutuhkan kehadiran SPBN.

“Nelayan itu kalau mau beli solar subsidi sulit sekali, karena di SPBU umum itu harus disertai surat-surat, persyaratannya bikin ribet nelayan,” kata Kuwu Ambulu, Sunaji dilansir dari Harian Umum Radar Cirebon, Rabu 19 Juli 2023.

BACA JUGA:Truk Mogok Diatas Rel, Jadi Penyebab Tabrakan KA 112 Brantas di Semarang

Dia menjelaskan, potensi bahari di Desa Ambulu sangat besar. Namun, potensi itu akan sia-sia jika tidak didukung oleh SPBN yang dekat dengan lokasi nelayan.

Menurutnya, meskipun potensi bahari cukup besar, lanjut Sunaji, pemerintah tidak pernah memberikan perhatian kepada nelayan Ambulu.

“Ambulu itu desa yang terlupakan. Giliran wisata mangrovenya bagus, pejabat berbondong-bondong datang ke Ambulu. Padahal potensi laut sangat bagus,” ujarnya.

Karena tidak ada perhatian pemerintah terhadap nelayan, Sunaji mengungkapkan, Pemerintah Desa Ambulu mengambil tugas yang harus dilaksanakan oleh pemerintah.

BACA JUGA:Korban Bullying, Siswi SD di Kuningan Mengalami Trauma Berat Hingga Tak Mau Sekolah

“Sejak Januari 2023, pemdes memfasilitasi pembuatan ratusan kartu kusuka kepada nalayan yang dikeluarkan Kementerian Kelautan dan Perikanan,” tuturnya.

Bahkan, pihaknya juga memfasilitasi nelayan untuk pembuatan kartu e-pass.

Sejak April 2023, pemdes memfasilitasi pembuatan e-pass kepemilikan kapal ikan nelayan yang dikeluarkan Kementerian Perhubungan,” ujarnya.

Untuk itu, Sunaji mendorong pemerintah pusat dan daerah untuk membangunkan SPBN bagi nelayan agar para nelayan tidak kesulitan saat mencari BBM untuk melaut.

“Kami mendesak pemerintah daerah untuk mengembangkan kawasan nelayan di Timur agar potensi bahari dapat tergarap dengan baik,” pungkasnya. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase