Presiden Baru, Indramayu Bakal Punya Jalan Tol Baru, Panjang 46 Kilometer, Namanya Indrajati?

Presiden Baru, Indramayu Bakal Punya Jalan Tol Baru, Panjang 46 Kilometer, Namanya Indrajati?

Kabupaten Indramayu bakal punya jalan tol yang menghubungkan ke Kertajati, Majalengka.-BPJT-radarcirebon.com

INDRAMAYU, RADARCIREBON.COM - Jika tidak meleset, INDRAMAYU bakal mempunyai jalan tol baru. Jalan tol baru itu rencana akan dibangun oleh presiden baru hasil Pemilu 2024.

Sekarang ini hanya Indramayu Barat yang relatif dekat dengan pintu Tol Cipali di Cikedung. Namun sabagaian besar wilayah itu sangat jauh dari fasilitas jalan tol

Selain gerbang tol Cikedung, masyarakat Indramayu paling biasa menggunakan gerbang tol Palimanan di Kabupaten Cirebon dan Sumberjaya serta Kertajati di Majalengka. Terlalu jauh untuk menuju gerbang tol- gerbang tol tersebut.

Karena, tol yang menuju jantung Indramayu Kota dan sekitarnya, sangat dibutuhkan. Daerah di pantai utara Jawa Barat itu, bisa memiliki akses transportasi yang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

BACA JUGA:Sumur Minyak Bumi Tertua di Indonesia Ternyata Ada di Majalengka, Ditemukan oleh Belanda

Bupati Indramayu Nina Agustina sendiri yang mengusulkan pembangunan jalan tol yang bisa menyentuh jantung Indramayu. Ruas jalan tol yang diusulkan itu sepanjang 46 km, dari Indramayu menuju Kertajati.

Bahkan Bupati Nina itu minta pembangunan ruas jalan tol tersebut agar dipercepat. Hal ini dilakukan agar meningkatkan dan memudahkan akses bagi warga Indramayu dan sekitarnya.

Ruas jalan tol itu diusulkan dengan nama Indrajati atau Indramayu - Kertajati. Pembangunannya, akan dimulai usai gelaran Pemilu 2024. Tepatnya pada tahun 2025 dan diperkirakan akan selesai 2029. 

Pembangunan rencana ruas Jalan Tol Indrajati ini sudah diusulkan Bupati Nina pada tahun 2022. Usulan itu pun sudah disetujui oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

BACA JUGA:Agung Makbul Terpilih Sebagai Tokoh Inspiratif

Yang menyetujui pembangunan ruas Jalan Tol Indrajati itu adalah Direktur Jenderal Binamarga dari Kementerian PUPR. Karena ruas jalan tol tersebut merupakan salah satu jaringan jalan tol di Jawa Barat. 

Rencana itu pun sudah masuk ke dalam shapefile atau disingkat SHP. Ini merupakan format data untuk menyimpan lokasi dan atribut geografis.

Bupati Nina Agustina menuturkan pembangunan ruas jalan tol tersebut akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah yang dia pimpin.

Jika melihat nama Indrajati, jalan tol tersebut akan membelah beberapa daerah di Indramayu dan Majalengka. Beberapa daerah yang kemungkinan dilalui ruas jalan tol tersebut adalah Jatitujuh, Jatibarang, Sliyeg dan berakhir di dekat Indramayu Kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: