Ada Tol Cisumdawu dan BIJB, Kabupaten Majalengka Target 1 Juta Wisatawan Berkunjung

Ada Tol Cisumdawu dan BIJB, Kabupaten Majalengka Target 1 Juta Wisatawan Berkunjung

Jalan Tol Cisumdawu tidak hanya satu-satunya faktor yang membuat Bandara Kertajati Majalengka ramai.-Yuda Sanjaya-radarcirebon.com

MAJALENGKA, RADARCIREBON.COM – Dua akses transportasi menuju Kabupaten Majalengka sudah tersedia, mulai dari Jalan Tol Cileunyi-Sumedang–Dawuan (Cisumdawu) dan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, yang rencananya akan mulai beroperasi penuh mulai Oktober 2023 mendatang.

BACA JUGA:900 Lulusan SD Tak Lanjut Sekolah, Setengah SMPN di Kabupaten Cirebon Kurang Siswa

Adanya Tol Cisumdawu dan BIJB Kertajati, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Majalengka, Ida Heriyani menargetkan jumlah kunjungan Objek Daya Tarik Wisata (ODTW) di tahun 2023, 1 juta wisatawan.

Apalagi kalau secara target kita tahun 2022 itu targetnya 750.000, tercapai hampir 800 ribuan. Sehinga melampaui target dan pasca pandemi ini ada peningkatan.

Sedangkan untuk target kunjungan di tahun 2023, ialah 1 juta kunjungan. Dengan penerapan aplikasi, nanti bisa mengukur, menghitung secara real time, jumlah kunjungan pasti akan tercapai.

“Saya sangat optimistis  untuk pencapaian 1 juta kunjungan wisatawan di tahun 2023. Bahkan tidak menutup kemungkinan itu akan melebihi target.”

BACA JUGA:Pemprov Jabar Luncurkan Aplikasi Singakota, Begini Fungsinya

“Nanti kita akan coba inventarisir seluruh objek wisata yang menerima kunjungan dengan digitalisasi, bagaimana mereka mereport jumlah kunjungan wisatawan. Insya Allah tercapai,” katanya.

Ida juga menjelaskan dengan BIJB yang akan beroprasi penuh dan dibukanya Tol Cisumdawu, jika dilihat dari sudut pandang positif merupakan berkah bagi Kabupaten Majalengka.

Bahkan, kehadirannya akan menjawab beberapa kendala, seperti kurangnya akses infrastruktur menuju Kabupaten Majalengka.

Saat ini akan dimudahkan dan sangat relevan dengan tujuan pembangunan Kabupaten Majalengka.

Relevan dengan tujuan pembangunan di Kabupaten Majalengka terutama di sektor pariwisata. Pertama adalah meningkatkan jumlah kunjungan.

BACA JUGA:BIJB Kertajati Oktober 2023 Beroperasi, Pemprov Jabar Cari Mitra Strategis dengan Cara Tender

Kedua meningkatkan lama tinggal di Kabupaten Majalengka dan ketiga meningkatkan kontribusi sektor pariwisata terhadap pendapatan asli daerah.

“Jelas untuk meningkatkan jumlah kunjungan dengan adanya akses yang luar biasa baik, akses melalui tol maupun BIJB. Itu memudahkan siapapun, orang, wisatawan dari luar untuk datang ke Kabupaten Majalengka,” ujarnya.

Bagaimana persiapan yang dilakukan oleh Disparbud? Ida mengatakan sejauh ini Disparbud sudah melakukan persiapan jauh-jauh hari. Pertama, sebagai wujud komitmen dari pemerintah, sudah mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2021 Tentang Rencana Induk Pariwisata Kabupaten.

Di mana dalam Perda tersebut terdapat rencana stategis, kemudian metode dan hal-hal yang sifatnya teknis untuk mengembangkan pariwisata di Kabupaten Majalengka.

 

Bahkan dari sisi promosi, Disparbud juga sudah melakukan persiapan jauh-jauh hari. Seperti bermitra, dengan seluruh komponen media yang ada, dengan Jaringan-jaringan para pelaku industri pariwisata.

Itu semua sudah terkoneksi. Artinya manakala kemudian akses itu dimudahkan untuk masuk ke Majalengka, seluruh infrastruktur, baik fisik maupun non fisik kami sudah sangat siap.

Adapun nanti di dalam perjalanan tentu ada evaluasi, bagaimana kemudian misalnya ini bisa terlaksana dengan baik atupun tidak, maka evaluasi dengan berkala.

“Itu memungkinkan kami melakukan perbaikan-perbaikan. Yang jelas dengan potensi pariwisata yang luar biasa, terdiri dari wisata alam, wisata budaya dan wisata buatan. Majalengka tidak kurang dari 180, bahkan sampai 200 dengan ODTW yang baru,” katanya.

Disebutkan, Dispadbur juga sudah melakukan kesiapan SDM dari pengelolanya. Kemudian dari sektor kelembagaan, pengelola sudah dilakukan peningkatan kapasitas SDM pengelolaan.

Dan, dari sisi promosi, ini yang diharapkan nanti akan menarik sebanyak-banyaknya orang berkunjung. (bae)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase