Penerbangan Bandara Husein Pindah ke Kertajati, Menhub Siapkan Integrasi Angkutan Antarmoda

Penerbangan Bandara Husein Pindah ke Kertajati, Menhub Siapkan Integrasi Angkutan Antarmoda

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi akan mempersiapkan integrasi angkutan antar moda ke Bandara Kertajati untuk mendukung pemindahan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara.-Ist/Kemenhub-radarcirebon.com

MAJALENGKA, RADARCIREBON.COM - Penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara akan pindah ke Bandara Kertajati pada Oktober 2023 mendatang. Diawali dengan pesawat bermesin jet.

Untuk mendukung beroperasinya maskapai di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi bakal menyiapkan angkutan antarmoda.

Bahkan, menhub juga meminta kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) untuk melakukan kurasi terhadap jasa transportasi yang memiliki track record baik.

Menurut menhub, untuk menyiapkan shelter angkutan darat memang membutuhkan waktu 3 sampai dengan 4 bulan.

BACA JUGA:Jordi Onsu Kecelakaan di Tol Cipali, 3 Ban Tiba-tiba Pecah, seperti Ada Dorongan dari Belakang

Oleh karena itu, menhub meminta agar Pemprov Jabar membahas integrasi angkutan Bandara Kertajati menuju kota dan provinsi lainnya.

"Saya minta Pemprov Jabar membahas upaya integrasi dari Bandara Kertajati. Saya juga meminta mengkurasi agen perjalanan yang memiliki record bagus," kata menhub dalam keterangannya yang dikutip radarcirebon.com, Senin, 31, Juli 2023.

Ditambahkan Budi Karya, Bandara Kertajati saat ini sedang bersiap untuk melayani angkutan penumpang reguler pasca menjadi embarkasi dan debarkasi untuk haji.

Karena itu, ditargetkan pada Oktober mendatang sudah bisa melayani penerbangan komersial reguler.

BACA JUGA:Alasan Yolla Yuliana Engga Pernah Pacaran Sama Pemain Bola, Gak Nyangka Cuma Karena Ini

Seperti diketahui, saat ini Bandara Kertajati melayani penerbangan reguler internasional yang dioperasikan Maskapai AirAsia.

Penerbangan Kuala Lumpur - Kertajati ini, dilakukan seminggu 2 kali pada hari Rabu dan Minggu.

Untuk kebutuhan transportasi penumpang, saat ini sudah ada 9 perusahaan transportasiyang menyediakan perjalanan ke Bandung, Cirebon, Indramayu, Kuningan, Subang, Sumedang dan Purwakarta.

Bahkan, Damri sudah membuka perjalanan rutin setiap Rabu dan Minggu menuju Bandara Kertajati dari Bandung, Kuningan dan Cirebon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: