5 Wisata Alam di Desa Kaduela Kuningan, Bukan Hanya Telaga Biru Cicerem

5 Wisata Alam di Desa Kaduela Kuningan, Bukan Hanya Telaga Biru Cicerem

Wisata alam di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan.-IG Ririe_Fairus/Ist-radarcirebon.com

Jaraknya dari Side Land Kaduela sekitar 4,2 kilometer. Jika menggunakan mobil bisa ditempuh dalamw aktu 10 menit dengan rute menanjak.

Jika Anda belum puas dari Side Land masih bisa main air atau sekedar melepas lelah di Hutan Pinus sejuk dan rindang ini.

BACA JUGA:Faktor Keamanan Belum Terjamin, Luthfi Dukung Wacana KPU

Di sana juga ada pemandian alami yang bersumber dari mata air alami Gunung Ciremai. Warga Cirebon dan sekitarnya tentu sudah tidak asing dengan objek wisata yang satu ini.

3. Telaga Resmi

Nah, yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi. Telaga Remis salah satu objek wisata tertua di Kabupaten Kuningan. Letaknya juga di Desa Kaduela yang berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Cirebon.

Telaga Remis erat kaitannya dengan beberapa legenda dan cerita rakyat Kesultanan Cirebon. 

Salah satunya, legenda keberadaan Seekor Bulus dengan nama Mendung yang diyakini sebagai jelmaan Pangeran Purabaya dari Mataram.

BACA JUGA:5 Perkutut Katuranggan yang Cocok Dipelihara untuk Keselamatan, Konon Ada yang Bisa Menangkal Santet

Saking melegendanya, Objek Wisata Telaga Resmi pernah menginspirasi pencipta lagu Pop Sunda. Lagu berjudul Talaga Remis kemudian dinyanyikan oleh Nining Meida. Sangat popular di Jawa Barat. 

Objek wisata Talaga Resmi ini berjarak sekitar 2,5 kilometer dari Side Land Kaduela.

4. Desa Wisata Cibuntu

Masih di Kecamatan Pasawahan, ada Desa Wisata Cibuntu yang terus berkembang. Bermula dari pembangunan Curug Gongseng, beberapa wahana pun terus dikembangkan di Cibuntu.

Sekarang sudah ada kolam renang dan arena bermain panah. Pihak desa dan pengelola juga sedang berupaya membangun perkebunan teh di kawasan Kaki Gunung Ciremai tersebut.

BACA JUGA:Berganti Nama Menjadi Garuda United, Timnas U-17 Bakal Lawan Barcelona dan Kashima Antlers

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: