Puncak Gunung Ciremai Membeku, Suhu Minus 3 Derajat Celcius

Puncak Gunung Ciremai Membeku, Suhu Minus 3 Derajat Celcius

Rumput di Puncak Gunung Ciremai membeku karena suhu dingin yang mencapai minus 3 derajat celcius.-@deni_kumbala-Instagram

"Gak kebayang dinginnya kayak gimana. Mungkin kayak kena serangan es Aokiji di one piece kali, ya," kelakarnya.

Sebagai informasi, saat ini, Deni dan temannya Zais sudah turun dari Gunung Ciremai dengan selamat.

BACA JUGA:Videotron Pertama dan Terbesar Dihadirkan The Luxton Cirebon

BACA JUGA:Sesumbar Bojan Hodak Jelang Persib vs Barito, Bobotoh: Manajemen Gob**g!

Fenomena puncak gunung membeku, juga pernah terjadi di Gunung Merbabu, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Dikutip dari jawapos.com, fenomena ini pertama kalinya terjadi setelah kurang lebih 7 tahun tak terlihat atau sejak 2016 silam.

Embun-embun yang menempel di dedaunan pada rerumputan membeku menjadi kristal es. Fenomena tersebut diabadikan oleh salah satu akun media sosial.

Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) menyebut, embun beku tersebut terjadi karena cuaca dingin dengan suhu di bawah 5 derajat celcius.

BACA JUGA:Sifat Asli Anthony Ginting Terungkap Setelah Ibunda Wafat, Ternyata Pernah Mengalami Hal Ini

BACA JUGA:Mobil Konsep BEV Daihatsu VIZION–F Tebar Pesona di GIIAS 2023

"Fenomena langka terjadi di pos 3 merbabu via suwanting. Embun pagi di dedaunan berubah menjadi kristal es, semua itu diakibatkan karena cuaca suhu yang ekstrem. Ini biasanya terjadi di puncaknya musim kemarau sekitar bulan agustus. Gimana guys ada yang pernah ngalami?" tulis BTNGMb dalam unggahan tersebut. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BTNGMb, Nurpana Sulaksono, mengatakan, embun beku itu baru terpantau terjadi di Pos 3 Jalur Suwanting, di Kabupaten Magelang. 

Embun yang membeku merupakan fenomena alam yang dianggap lumrah di gunung. Namun, untuk Merbabu, fenomena embun beku tahun ini menjadi kali pertama sejak lebih dari lima tahun terakhir. 

"Itu fenomena alam, kadang terjadi kadang tidak. Jadi memang wilayah Selo, Suwanting itu memang karena iklim, kondisi cuaca, kondisi geogragisnya, lokasinya berpengaruh. Kalau seperti itu (rmbun beku) sudah di bawah 5 derajat celcius, seperti 3 atau 4 derajat celcius," terangnyanya, Rabu 2 Agustus 2023.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: