3 Pantai Terkotor di Indonesia Versi Pandawara Group, Jangan Kaget Ada Pantai Kesenden Cirebon, Ini Alasannya

3 Pantai Terkotor di Indonesia Versi Pandawara Group, Jangan Kaget Ada Pantai Kesenden Cirebon, Ini Alasannya

Pantai Kesenden Kota Cirebon masuk ke dalam 3 pantai terkotor di Indonesia versi Pandawara Group.-Pandawara Group-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Pandawara Group mengumumkan daftar pantai terkotor di Indonesia. Yang membuat kaget, ternyata ada pantai Kesenden Kota CIREBON dalam data tersebut.

Tak sembarangan, Pandawara Group memiliki indikator terkait julukan pantai terkotor tersebut. Mulai kerusakan lingkungan, sampah hingga pencemaran air.

Data tersebut dikumpulkan Pandawara Group dari volunteer yang ada di Aceh hingga wilayah timur Indonesia. Setidaknya sudah ada 10 daftar pantai terkotor tersebut.

Hanya saja, Pandawara Group belum mengumumkan daftar 10 pantai yang dimaksud. Namun baru 3 yang sudah dirilis beserta alasannya. 

BACA JUGA:Bojan Hodak Membela Diri Setelah Persib Gagal di Kandang, Bobotoh Makin Murka

Bahkan, personel kelompok pecinta kebersihan asal Bandung tersebut sudah pernah melakukan aksi bersih-bersih di pantai yang dimaksud.

Personel Pandawara Group, Gilang menjelaskan, kriteria pantai terkotor tersebut diurutkan berdasarkan data terkait kerusakan ekosistem, pencemaran air dan tumpukan sampah.

"Itu versi Pandawara Group. Karena gini, kita mulai dari pantai terkotor nomor 1 sampai nomor 2 dan sekarang nomor 3," kata Gilang, kepada radarcirebon.com saat konferensi pers di Hotel Bentani, Kota Cirebon.

Dijelaskan Gilang dari 10 pantai tersebut sudah 3 yang dikerjakan termasuk di Kota Cirebon. "Kita sekarang mengerjakan nomor 3. Sebenarnya kita sudah punya list sampai 10," katanya.

BACA JUGA:Misteri Gunung Sunda, Gunung Raksasa Cikal Bakal dari Sejumlah Gunung Berapi di Jawa Barat

Berikut daftar pantai terkotor di Indonesia versi Pandawara Group:

1. Pantai Pandeglang

Pantai Pandeglang berada di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Tepatnya di Desa Teluk, Kecamatan Labuan. Pada Bulan Mei 2023, Pandawara Group berkunjung ke lokasi ini dan melakukan aksi bersih-bersih.

Kondisi Pantai Teluk Labuan memang sangat parah sebelum dibersihkan. Yang terlihat hanya tumpukan sampah. Bahkan pasir pantai pun tertutupi dengan limbah rumah tangga tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: