101 Siswa-siswi SMK Presiden Delta Mundu Dilantik Setelah Ikut LDDKS Satu Bulan

101 Siswa-siswi SMK Presiden Delta Mundu Dilantik Setelah Ikut LDDKS Satu Bulan

SMK Presiden Delta Mundu Kabupaten Cirebon menggelar LDDKS, Sabtu (19/8/2023). Foto:-Dedi Haryadi-Radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - SMK Presiden Delta Mundu Kabupaten CIREBON melantik 101 siswa-siswi angkatan ke-II yang dilaksanakan pada hari Sabtu (19/8/2023). 

Kepala SMK Presiden Delta, Susanti SPd mengjekaskan, sebelum Pelantikan siswa terlebih dahulu mengikuti Latihan Dasar Disiplin Kepemimpinan Siswa (LDDKS) sekitar satu bulan yang sifatnya wajib. 

"LDDKS di mulai dari 24 Juli sampai 19 Agustus 2023. Kegiatan ini tak hanya melibatkan guru, namun mendatangkan instruktur dari Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Cirebon dan semua praktisi dari masing masing jurusan," terangnya, Sabtu (19/8/2023). 

Susanti menjelaskan, tujuan dari pendidikan dasar atau LDDKS untuk membentuk karakter siswa, mengenalkan jurusan sekolah dan menerapkan disiplin sesuai motto SMK Presiden Delta yakni, Siap Kerja, Mampu Kerja, Sukses Kerja. 

"Adapun jurusan pendidikan di SMK Presiden Delta ada 4 jurusan, diantaranya, TKRO (Teknik Kendaraan Ringan dan Otomotif), TKJ (Teknik Komputer Jaringan), NKPI (Nautika Kapal Penangkap Ikan) dan Asisten Keperawatan,"jelasnya.

Tahun ini, menurut Susanti, penerimaan siswa masuk kategori tahun kedua. Adapun SMK Presiden Delta dulunya, SMK Delta yang identik dengan sekolah pelayaran atau taruna, namun sekarang diubah menjadi SMK Presiden Delta lebih umum. 

"Sama seperti angkatan pertama, pada angkatan kedua tahun ini, pihak yayasan sekolah tidak memberlakukan pungutan biaya bulanan. Kami gratiskan sampai anak-anak ini lulus," ujarnya.

BACA JUGA:3 Orang Diamankan Polisi Diduga Tawuran Konten di Prujakan Kota Cirebon

BACA JUGA:Dibongkar Agung Laksono, Tujuan Golkar Koalisi dengan Gerindra dan PKB Jelang Pemilu 2024

Dikatakan Susanti, LDDKS tersebut sifatnya wajib diikuti peserta didik yang belum menempuhnya.

"Sampai kapanpun siswa yang belum ikut LDKS akan ditagih, meskipun sudah bukan lagi menjadi peserta didik baru. Artinya ketika siswa sudah duduk di kelas XI wajib ikut di tahun depan,"katanya. 

Semua siswa yang telah selesai ikut LDKS, lanjut Susanti, akan menerima lencana yang wajib dipasang pada seragam siswa.

"Kegiatan siswa selama proses LDDKS diantaranya, Minggu pertama siswa dikenalkan semua jurusan yang ada di Sekolah dengan menghadirkan semua praktisi dari masing masing jurusan dan Expo Jurusan, dimana anak-anak akan memilih jurusan secara langsung," ucapnya.

"Sedangkan Minggu kedua dan ketiga latihan bersama TNI AL untuk pembentukan karakter siswa serta kegiatan long march untuk mengenang jasa para pahlawan yang sudah gugur dan diakhiri dengan kegiatan pelantikan dengan bermalam di sekolah," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: