16 Rute Penerbangan yang Direquest di Bandara Kertajati, Mungkinkah Terwujud Oktober Nanti?

16 Rute Penerbangan yang Direquest di Bandara Kertajati, Mungkinkah Terwujud Oktober Nanti?

Sebanyak 16 rute penerbangan menjadi aspirasi masyarakat untuk dioperasikan di Bandara Kertajati Majalengka. -Yuda Sanjaya-radarcirebon.com

BACA JUGA:Gelar Operasi Antik Lodaya 2023, Polres Indramayu Berhasil Ungkap 25 Kasus dan 33 Tersangka

Sementara untuk rute domestik akan dioperasikan setiap hari. Dengan yang terbanyak adalah untuk penerbangan ke Denpasar, Bali.

Pengajuan slot penerbangan di Bandara Kertajati tersebut berdasarkan slot conference yang dilaksanakan di Batam pada 16, Agustus 2023.

Executive General Manager (EGM) Bandara Kertajati, Nuril Huda mengatakan, pengajuan rute tersebut memang mengikuti musim dalam dunia penerbangan.

Yakni Summer mulai 29 Maret sampai dengan 28 Oktober dan winter yang dimulai tanggal 29 Oktober sama dengan 28 Maret.

BACA JUGA:FCTM Desak Pemkab Segera Selesaikan Naskah Akademik Cirebon Timur Sebelum Bupati Imron Lengser

"Dipilihnya 29 Oktober karena tanggal tersebut mulai awal winter," kata Nuril Huda, dilansir dari radarmajalengka.com.

Dijelaskan Nuril Huda, untuk penerbangan komersial memang dipindahkan pada awal winter. Sehingga pengurusan izinya dapat dijadikan satu dalam musim tersebut.

Terkait kesiapan Bandara Kertajati, Nuril menyatakan bahwa tidak ada masalah berarti. Apalagi baru digunakan untuk penerbangan haji yakni embarkasi dan debarkasi.

Bahkan, terminal internasional di Bandara Kertajati sudah diverifikasi oleh General Authority Civil Aviation (GACA) Arab Saudi agar dapat dipakai untuk penerbangan haji.

BACA JUGA:Polemik Penyematan Gelar Kebangsawanan dalam DCS Pileg 2024 di Kota Cirebon

Saat ini, terminal keberangkatan dan kedatangan internasional juga dipakai secara rutin oleh Maskapai AirAsia dan Garuda Indonesia.

Bagaimana dengan terminal domestik? Nuril menyatakan bahwa ada perbaikan minor yang sedang dilakukan.

Terminal ini juga tidak ada masalah berarti untuk dioperasikan, karena sebelum pandemi covid-19 sudah difungsikan sebagaimana mestinya.

Dia memastikan fasilitas dI BIJB Kertajati masih terjaga dengan baik, karena dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) turin melakukan verifikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: