Rute Pernerbangan Bertambah, Polres Majalengka Siap Amankan Bandara Kertajati

Rute Pernerbangan Bertambah, Polres Majalengka Siap Amankan Bandara Kertajati

Bandara Kertajati akan beroperasi penuh pada 29 Oktober 2023 dengan dukungan Tol Cisumdawu.-Baehaqi-radarcirebon.com

MAJALENGKA, RADARCIREBON.COM – Berbeda dengan sebelum-sebelumnya, diprediksi Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Majalengka akan dipadati calon penumpang pesawat terbang.

Pasalnya, mulai 29 Oktober 2023 mendatang, Bandara Kertajati Majalengka telah mendapatkan limpahan rute penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung.

Belum lama ini Bandara Kertajati resmi mengajukan 10 rute domestik dan 1 penerbangan internasional.

Mengutip publikasi PT BIJB, 10 rute domestik yang diajukan asah Denpasar, Pontianak, Palembang, Kualanamu, Padang, Batam, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar, Lombok.

BACA JUGA:Tekan Angka Tindak Kekerasan Seksual pada Anak, Ketua DPRD Indramayu Bilang Begini

Sementara, untuk satu rute penerbangan internasional menuju Kuala Lumpur Malaysia.

Penyusunan jadwal dan rute tersebut dilakukan PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati saat pelaksanaan Konferensi Slot Time Direktorat Angkutan Udara yang dilaksanakan di Kota Batam.

Selain pengajuan rute, juga sudah dibahas dengan pihak maskapai seperti Lion Air Group, Citilink dan AirAsia beserta Airnav, Angkasa Pura II dan pihak terkait lainnya.

Bahkan, yang terdekat di Bandara Kertajati akan ada penerbangan perintis dengan tujuan dua kota di selatan Jawa Barat, yakni Pangandaran dan Tasikmalaya.

BACA JUGA:MURAH BANGET! KUR Syariah Pegadaian Cuma Rp 9Ribu per Hari, Cukup Modal KTP, KK dan Buku Nikah

Rencananya, penerbangan perintis menggunakan pesawat ATR dimulai pada 29 Agustus 2023 mendatang.

Dengan adanya peningkatan layanan penerbangan, tentu saja hiruk pikuk manusia akan semakin bertambah.

Oleh sebab itu, untuk memastikan keamanan Bandara Kertajati jajaran dari Polres Majalengka, siap mengamankan kawasan BIJB.

Dalam keterangannya, Kapolres Majalengka AKBP Indra Novianto mengatakan, hingga saat ini belum ada Kepolisian Sektor (Polsek) yang khusus di bandara.

Oleh kerena itu, untuk keamanan manakala BIJB beroperasi penuh, pihaknya akan menambah personel untuk melakukan pengamanan di kawasan BIJB.

BACA JUGA:Gelar Orietasi Mahasiswa Baru, IAIN Syekh Nurjati Cirebon Usung Tema Ini, Keren!

"Untuk itu, kami akan memastikan pengamanan di bandara akan ditingkatkan melalui penambahan personel meski belum ada polsek khusus,’’ kata kapolres.

Apalagi, Polres Majalengka saat ini mendapatkan penambahan 25 personel dari Polda Jabar. Para personel ini selain di BIJB Kertajati, para personel itu juga akan diproyeksikan ke lokasi-lokasi lain yang membutuhkan penambahan pengamanan dari pihak kepolisian. Di antaranya, jalur Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

Pihak kepolisian dan jajaran direksi BIJB Kertajati pun telah bertemu untuk membahas sistem pengamanan saat bandara beroperasi penuh.

Rencananya, Polres Majalengka dan BIJB Kertajati akan menandatangani perjanjian kerja sama (MoU) mengenai hal tersebut.

BACA JUGA:Kabupaten Cirebon Dapat Kuota 70 ribu Bidang Tanah, Bupati: Maksimalkan Program PTSL

‘’MoU ini akan dilaksanakan secepatnya sebelum BIJB Kertajati mulai beroperasi penuh pada Oktober 2023 mendatang,’’ terang Indra. (bae)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase