Tak Disangka! Silsilah Keluarga Prabowo Tidak Sembarangan, Mengalir Darah Ningrat dari Majapahit dan Pajajaran

Tak Disangka! Silsilah Keluarga Prabowo Tidak Sembarangan, Mengalir Darah Ningrat dari Majapahit dan Pajajaran

Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto, Foto:-@prabowo-Twitter

Pada masa pemerintatahan Soeharto, Soemitro menjabat sebagai Menteri Riset dan Menteri Perdagangan.

Nah, dalam catatan sejarah versi keluarga Djojohadikusumo, silsilah keluarganya ini dapat ditelusuri hingga ke para pendiri Kabupaten Banyumas, kerajaam Mataram Kuno, hingga ke Majapahit dan Pajajaran.

BACA JUGA:3 Tuntutan the Jakmania Jelang Laga Persija vs Persib:' Kalian Main Sangat Jelek dan Lembek'

BACA JUGA:Kecewanya Warga Majalengka, Sawah Digusur Berujung Demo, Bandara Kertajati Berakhir Sepi

Raden Mas Margono merupakan putra dari Raden Tumenggung Mangkuprodjo dan cucu dari Raden Kartoatmodjo dari pernikahannya dengan RAy Djojoatmojo (Cicit dari Sri Sultan Hamengkubuwono II).

Dari keturunan RAy Djojoatmodjo dan RA Kistaboen, maka silsilah keluarga Djojohadikusumo bisa dilacak hingga ke pendiri Mataram Islam, Danang Sutawija.

Raden Kartoadmodjo merupakan anak dari Raden Muhammad yang merupakan anak dari Raden Tumenggung Kertanegara IV (Panglima Laskar Diponegoro Wilayah Gowong, Kedu).

Malai dari Raden Tumenggung Kertanegara IV hingga ke leluhur Keluarga Djojohadikusumo yakni Raden Joko Kaiman alias Adipati Mrapat dinamakan sebagai Trah Wargahutama-Wirahutama-Wirasaba.

Istilah Trah ini tidak hanya satu melainkan terdiri dari benerapa cabang. Keluarga Djojohadikusumo termasuk ke cabang Kertanegaran.

Cabang lainnya disebut Yudanegaran menurunkan Kapiten Cina, Tan Jing Sing dari pihak ibu.

Lalu, ada juga cabang keluarga ini yakni cabang Danuredjan menurunkan Patih Yogyakarta, Danuredja.

Trah Wargahutama-Wirahutama-Wirasaba adalah sebuah Klan Penguasa terdahulu di Banyumas.

Berdirinya Banyumas berawal dari Unifikasi antara Wirasaba salah-satu wilayah Majapahit dan Pasir Luhur Mandala dari Kerajaan Sunda-Galuh.

Pada masa kekuasaan Joko Kaiman alias Adipati Mrapat, dia membentuk Trah sendiri bernama Wargahutama merupakan menantu dari Adipati Wirasaba yang berasal dari Trah Wirahutama.

Leluhur Trah Wirahutama adalah sosok Jaka Katuhu anak dari bangsawan Majapahit, Arya Baribin dan Putri Sunda-Galuh, Dewi Ratna Pamekas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: