WOW! Saat KTT ASEAN 2023, 15 Pesawat Kenegaraan Nginap di Bandara Kertajati dan Soekarno Hatta

WOW! Saat KTT ASEAN 2023, 15 Pesawat Kenegaraan Nginap di Bandara Kertajati dan Soekarno Hatta

Bandara Kertajati akan digunakan sebagai pendukung untuk RON pesawat kenegaraan saat KTT ASEAN 2023 berlangsung. Foto pesawat dari berbagai negara terparkir di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, beberapa waktu lalu.-ANTARA/Naufal Fikri Yusuf-radarcirebon.com

MAJALENGKA, RADARCIREBON.COM - Bandara Kertajati dan Bandara Soekarno Hatta akan turut berperan pada pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023.

Sebanyak 15 pesawat kenegaraan bakal menginap atau remain over nigt (RON) di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati dan Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Penggunaan kedua bandar udara internasional tersebut tidak lepas dari kemampuannya menangani pesawat berbadan besar dan ruang tersedia untuk parkir pesawat.

Sebanyak 15 pesawta tersebut nantinya akan menginap pada 5 sampai dengan 7 September 2023.

BACA JUGA:Harga Rp1,5 Triliun, Begini Penampakan Desain Rumah Super Mewah Lionel Messi di Pantai Miami

PT Angkasa Pura II menginformasikan bahwa pesawat kenegaraan tersebut rata-rata berbadan besar atau wide body.

Untuk Bandara Soetta rencananya akan dilakukan pengaturan, agar pesawat yang RON tidak mengganggu lalu lintas dan parkir pesawat reguler.

Sedangkan di Bandara Kertajati relatif tidak masalah untuk menerima RON pesawat kenegaraan tersebut. Tetapi sifatnya sebagai pendukung dari Bandara Soekarno Hatta yang menjadi gerbang utama masuknya para tamu perwakilan ASEAN.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menyatakan, para delegasi ASEAN tersebut akan tiba di Bandara Soetta.

BACA JUGA:Persija vs Persib, Bobotoh dan the Jak Adu Strategi, Tak Disangka Gocekkan Beckham Dianalisa

Untuk para kepala negara akan menggunakan Terminal VIP, sedangkan untuk delegasi lainnya melalui Commercial Important Person Lounge Terminal 3.

Sebelumnya Airnav Kertajati telah menginformasikan bahwa Bandara Kertajati bakal menjadi salah satu bandara yang terlibat untuk menyukseskan KTT ASEAN.

"Kemungkinan akan ada pesawat dari negara lain datang ke Kertajati," tulis keterangan Airnav Kertajati.

Kedatangan pesawat kenegaraan dari berbagai negara tersebut, tentu akan menarik perhatian para spotter atau Avgeek untuk mengabadikan momen tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: