Mahal Mana, Uang Kuno Cina atau Gulden Belanda? Simak Penjelasan dari Pedagang Pasar Talang Cirebon

Mahal Mana, Uang Kuno Cina atau Gulden Belanda? Simak Penjelasan dari Pedagang Pasar Talang Cirebon

Ini adalah uang kuno yang laku jutaan dan bisa bikin kaya mendadak kalau dibeli kolektor, lihat tulisan dan bentuknya.-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM – Ada dua jenis uang kuno yang bisa ditukar dengan harga yang lumayan mahal. Bahkan, apabila umurnya semakin tua, harganya bisa jutaan rupiah.

Uang kuno memiliki keunikan tersendiri, selain menyimpan nilai sejarah. Uang kuno juga dipercaya oleh sebagian orang sebagai penolak bala. Makanya, nilaipun cukup lamayan menguras kantong.

Bandar uang kuno dan barang antik mengungkap 2 jenis uang yang bisa ditebus dengan harga mahal serta mencapai jutaan rupiah.

Salah seorang pedagang, Jaja (33) mengungkapkan, uang kuno yang diperjualbelikan memiliki harga yang berbeda-beda.

BACA JUGA:Dapat Aduan dari Masyarakat Soal Pencurian, Anggota Yon Arhanud 14-PWY Cirebon Berhasil Tangkap Pelakunya

Untuk uang logam rupiah misalnya, cenderung memiliki harga lebih murah dan biasanya hanya diperjualbelikan untuk keperluan mahar pernikahan.

Berbeda dengan uang yang benar-benar kuno dan memiliki sejarah tersendiri, harga jualnya bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan Rupiah.

Terkait hal ini, Jaja mengingatkan masyarakat agar tidak sembarangan dan kena PHP, dengan iming-iming uang Rupiah dengan harga jutaan atau puluhan juta hingga ratusan juta.

Padahal, faktanya tidak demikian. Uang dengan nilai jutaan ini, sangat khusus dan sudah tidak ada lagi di pasaran juga tidak dipakai unguk alat pembayaran.

BACA JUGA:Waduh! 26 Artis dan Influencer Dilaporkan ke Bareskrim Polri Karena Dugaan Promosi Judi Online

Berikut 2 jenis uang kuno yang laku jutaan, Anda harus perhatikan tulisan, bentuk dan ciri-cirinya:

1. Uang China

Uang jenis ini terbilang kuno, tidak ada ciri spesifik kecuali bentuk uang logam yang bulat dengan bolongan di bagian tengah.

Disampaikan bandar uang kuno bahwa uang koin China ini, bisa laku dengan harga Rp 700 ribu sampai dengan Rp 1 juta.

“Kalau uang Gulden, wayang Belanda, itu sampai jutaan. Per keping mulai Rp 700 ribu, ada yang Rp 1 juta. Bisa juga sampai puluhan juta, ratusan juta,” tuturnya.

2. Uang Gulden

Bandar memberikan contoh uang Gulden yang per keping bisa laku ratusan ribu sampai dengan jutaan Rupiah.

 BACA JUGA:Kekeringan Landa 12 Desa, Pemkab Cirebon Bantu Distribusikan Air Bersih

Salah satu yang dicontohkan adalah uang dengan tulisan 'One Dime' dengan corak tumbuhan pada salah satu sisinya.

Kemudian di sisi lain tertulis 1/2 G dengan tulisan yang melingkar yakni: "Munt Van Hent Koningrijk Der Nederlandden 1930' dengan gambar mahkota dan singa.

Uang kuno ini, menurut bandar bisa laku dengan harga mulai Rp 700 ribuan sampai dengan Rp 1 juta atau lebih.

Sehingga bila memiliki uang jenis ini lebih dari 1 keping atau bahkan banyak, tentu bakal membuat Anda bisa menjadi jutawan mendadak.

Mahalnya harga uang kuno ini, kata Jaja, tidak lepas dari semakin sedikitnya barang yang beredar di pasaran maupun di kalangan kolektor.

BACA JUGA:3 Maskapai Siap Layani Penungpang di Bandara Kertajati Oktober 2023 Mendatang, Berikut Daftarnya

“Sekarang barangnya juga semakin jarang. Kadang sedikit dan satu sudah tidak ada stok. Kalau Rupiah sih jarang ya,” ungkapnya.

Dalam menjalankan usahanya, Jaja mengaku biasa dapat barang dari perorangan, karena dirinya memang punya bisnis jual beli.

Sayangya, untuk kolektor uang koin kuno ini semakin jarang bahkan tidak ada di wilayah Cirebon. Usaha ini juga bisa dibilang sedang lesu.

Namun untuk masyarakat yang mempunyai uang kuno debfan bentuk dan tulisannya seperti digambarkan di atas, siapa tahu bisa dijual kepada kolektor atau bandar serta laku dengan harga jutaan Rupiah. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase