Jadi Kado Terakhir Bupati Acep Purnama untuk Warga Kuningan, Bangun Jalan Cipari-Cisantana

Jadi Kado Terakhir Bupati Acep Purnama untuk Warga Kuningan, Bangun Jalan Cipari-Cisantana

Proyek pembangunan Jalan Cipari-Cisantana sepanjang 2,2 Km dengan lebar 7 telah dimulai dengan dilaksanakannya groundbreaking, Selasa 5 September 2023. -Istimewa-

KUNINGAN, RADARCIREBON.COM – Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Kuningan melaksanakan groundbreaking tanda dimulainya proyek pembangunan Jalan Cipari-Cisantana, Selasa 5 September 2023.

Proyek puluhan miliar itu ditargetkan selesai sebelum tanggal 5 Desember 2023 atau sebagai kado terakhir sebelum jabatan Bupati Kuningan H Acep Purnama habis.

Jalan sepanjang 2,2 Km dengan lebar 7 meter ini, merupakan bantuan pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR, yang tertuang dalam Inpres Jalan Daerah (IJD) tahun 2023 paket pengembangan Jalan Cipari – Cisantana penanganan Jalan Daerah di Kawasan Rebana dengan nilai anggaran sebesar Rp23 miliar.

Pejabat Pembuat Komitmen Kementerian PUPR Rico Octtriyana mengatakan, bantuan ini merupakan paket tematik pengembangan pariwisata di daerah.

BACA JUGA:Beli Sepeda Motor Listrik Biar Dapat Subsidi Rp7 Juta dari Pemerintah, Nih Catat Alamat Dealernya!

Bersamaan dengan pembangunan ruas jalan ini, pihaknya menyebutkan bahwa bantuan serupa sedang dikerjakan di Kabupaten Kuningan, yaitu pembangunan ruas Jalan Cipasung-Subang.

“Maka melalui kesempatan ini kami mohon dukungan dari segenap pihak, utamanya Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan bahwa selama pelaksanaan mungkin ada debu atau kebisingan karena mulai besok alat berat akan diturunkan.”

“Namun jika selesai ruas jalan ini akan memiliki manfaat sebesar-besarnya, termasuk investasi yang akan semakin mengembangkan potensi wisata di Kuningan,” katanya.

Menurut Rico, pekerjaan proyek jalan Cipari-Cisantana ini akan dikerjakan PT Maha Karya Lima sampai 31 Desember 2023, dirinya tetap akan berusaha memaksimalkan proyek ini, dengan menjaga tepat mutu.

BACA JUGA:Catat! Inilah Rute 6 Maskapai Penerbangan yang ada di Bandara Kertajati

“Kalaupun nanti ada beberapa pekerjaan yang bisa kita kerjakan secepatnya kita akan kerjakan. Semoga cuaca juga mendukung, sehingga proyek pembangunan Jalan Cipari-Cisantana ini berjalan dengan lancar,” ungkapnya.

Bupati Kuningan H Acep Purnama menyampaikan, keberadaan pelaksanaan pembangunan Jalan Cipari-Cisantana dapat dipandang dari berbagai aspek.

Kawasan Cisantana, Palutungan dan Puncak merupakan kawasan yang memiliki fungsi utama pariwisata atau memiliki potensi untuk pengembangan pariwisata yang mempunyai pengaruh penting dalam satu atau lebih aspek.

Seperti pertumbuhan ekonomi, sosial dan budaya, pemberdayaan sumber daya alam, dan daya dukung lingkungan hidup.

“Oleh karena itu kita memandang perlu adanya pembangunan jalan Cigugur-Cisantana ini,” kata Bupati Acep.

BACA JUGA:Per 2 Oktober 2023 Mendatang, Malaysia Airlines Buka Rute Kertajati-Kuala Lumpur

Pihaknya menyampaikan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan oleh Kementerian PUPR. Pelaksanaan Pembangunan Ruas Jalan Cipari–Cisantana ini merupakan proses pelaksanaan kegiatan yang menyerupai pelaksanaan rekonstruksi jalan. Pasalnya, pembukaan dan penyiapan lahan telah dilaksanakan dan diselesaikan oleh Pemda Kabupaten Kuningan.

Bupati berharap, setelah jalan ini selesai dibangun menjadi kebanggaan masyarakat Kuningan yang akan meningkatkan perekonomian secara makro.

“Namun saya titip bahwa dalam proses pengerjaan agar diperhatikan penataan ruangnya, karena setelah jalan terbangun sudah tentu akan banyak bangunan berdiri.”

“Maka dari itu saya harap dinas terkait agar memperhatikan penataan ruang yang baik. Kepada Dishub agar dipersiapkan berdirinya PJU untuk penerangan, serta Kepada Dinas LH agar memperhatikan pengendalian lingkungan hidup yang berwawasan lingkungan,” terang Acep.

BACA JUGA:Ke Taiwan Bisa Lewat Bandara Kertajati, Seminggu Dua Kali, Harga Tiketnya Sangat Menggiurkan

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kuningan Dr H Dian Rachmat Yanuar Msi yang juga hadir pada kesempatan tersebut menyebutkan, pariwisata merupakan sektor penyumbang PAD (Pendapatan Asli Daerah) yang sangat potensial dan diharapkan mampu menjadi leading sector pembangunan perekonomian di Kabupaten Kuningan.

“Oleh karena itu pembangunan Jalan Lingkar Cipari–Cisantana menjadi salah satu upaya mendorong pertumbuhan sektor pariwisata di area Cigugur–Cisantana.  Dan pelaksanaan pembangunan ruas Jalan Cipari – Cisantana adalah bukti sinergitas perencanaan dan pembangunan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Keberadaan jalan ini diharapkan menjadi urat nadi baru ekonomi berbasis wisata yang ada di kabupaten kuningan,” bebernya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemecahan kendi sebagai simbol dimulainya pembangunan Jalan Cigugur-Cisantana yang dilanjutkan dengan doa bersama agar pembangunan dapat selesai tepat waktu. (ale)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase