Kebakaran TPA Kopi Luhur Cirebon Sudah Padam, Asap Pekat Cukup Mengganggu, Water Canon hingga 7 Armada Damkar

Kebakaran TPA Kopi Luhur Cirebon Sudah Padam, Asap Pekat Cukup Mengganggu, Water Canon hingga 7 Armada Damkar

Kebakaran TPA Kopi Luhur Kota Cirebon sempat memicu munculnya asap pekat yang cukup mengganggu pandangan.-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kopi Luhur, Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Kota CIREBON memicu timbulnya asap pekat yang cukup mengganggu.

Meski titik api berhasil dipadamkan, sisa kebakaran berupa kepulan asap masih muncul di sejumlah area pada Minggu, 10, September 2023.

Untuk melakukan pemadaman tersebut, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Cirebon menerjunkan 7 unit armadanya dibantu water canon dari Polres Cirebon Kota.

Kapolres Cirebon Kota, AKBP Rano Hadiyanto menjelaskan, pihaknya menurunkan water canon untuk membantu pemadaman titik api di lokasi dibantu dengan menerjunkan 56 personel.

BACA JUGA:Desain Kamera 'Boba' iPhone Dulu Diejek seperti Alat Cukur dan Tablet Maag, Kini Malah Banyak Ditiru

"Kepada masyarakat jangan sembarangan membuang puntung rokok, dan membakar sampah. Sekarang musim kemarau ditambah angin kencang," kata Kapolres Cirebon Kota, Sabtu malam, 9, September 2023.

Disampaikan kapolres, piket akan disiagakan sampai api benar-benar bisa dipadamkan. Pihaknya mengakui, dampak kebakaran tersebut memicu munculnya asap pekat yang cukup mengganggu pandangan dan udara di sekitar lokasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Damkar, Adam Nuridin menambahkan, sebanyak 7 unit dikerahkan dengan suplai air termasuk dari PDAM.

BACA JUGA:Usia Pensiun TNI Minta Ditambah, dari 58 Menjadi 60 Tahun

"Tingkat kesulitan cukup tinggi, karena unit mobil damkar tidak bisa mengakses langsung ke titik api," kata Adam.

Dijelaskan dia, pemadaman dimulai dari area tepi yang terbakar, dan mobil perlahan masuk ke area pusat titik api.

Area yang terbakar di lokasi TPA sekitar 300 sampai dengan 400 meter. Kondisi ini menimbulkan asap yang sangat pekat. Ini sangat berdampak pada masyarakat.

Selain melakukan pemadaman dengan armada Damkar Kota Cirebon, pihaknya juga meminta bantuan 2 unit damkar ke Kabupaten Cirebon, PT Arida dan Pelabuhan Cirebon.

BACA JUGA:PALING BANYAK! 7 Rute Penerbangan Domestik Maskapai Milenial Super Air Jet di Bandara Kertajati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: