Kirab 1001 Merah Putih di Situs Karangkamulyan Ciamis, AA Ade Kadarisman: Budaya Pilar Perdamaian

Kirab 1001 Merah Putih di Situs Karangkamulyan Ciamis, AA Ade Kadarisman: Budaya Pilar Perdamaian

AA Ade Kadarisman hadir di Situs Karangkamulyan Ciamis saat helatan Kirab 1001 Merah Putih dan Milangkala ke-14 Gong Perdamaian.-Dokumen Pribadi-radarcirebon.com

CIAMIS, RADARCIREBON.COM - Budaya memegang peran penting dalam mengasah rasa, membangun kepekaan untuk peduli pada sesama, menumbuhkan semangat persatuan dan menjadi pilar perdamaian.

Hal tersebut diungkapkan pemerhati komunikasi, inovasi, dan SDGs, AA Ade Kadarisman saat menghadiri Milangkala ke-14 Gong Perdamaian, Kirab 1001 Merah Putih sekaligus peresmian Pusat Budaya Karang Kamulyan di Situs Karangkamulyan Ciamis.

Acara tersebut dihadiri dan dibuka oleh Bupati Ciamis Hediat Sunarya, serta dihadiri juga Wakil Bupati Yana D Sunarya, Kabid Destinasi Wisata Pemrov Jabar, Ani Widiani, Unsur Forkompinda Kab Ciamis, hingga tokoh tokoh masyarakat adat dan budaya, akademisi, pelajar SMP-SMA SE Kan Ciamis,dll.

Tampak hadir Ketua Umum Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN) YM Raja/Karaeng Turikale VIII, Brigjen Pol (P) Dr. A A. Mapparessa, M.M. M.Si, Raden Hanif wawakil kerajaan Galuh, budayawan Duta Perdamaian Uly Sigar Rusady, dan Rr Paramitha Rusady dll.

BACA JUGA:RW 08 Kopiluhur Krisis Air Bersih

"Giat budaya dan kirab merah putih ini juga memberikan inspirasi kepada generasi muda untuk membangun rasa cinta tanah air, serta semakin memahami pentingnya budaya sebagai jembatan persatuan bangsa."

"Hal ini penting untuk menyongsong Indonesia Emas 2045", lanjut AA Ade Calon DPD RI Dapil Jawa Barat yang saat ini juga menjadi Pembina Prakarsa Akar Bumi.

Dalam sambutannya Bupati Hediat menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Atas nama pemerintah kab Ciamis, dirinya sangat bersyukur semua pihak bisa bersama sama guyub sauyunan dengan semangat perdamaian.

"Warga masyarakat tatar Galuh harus bangga mempunyai budaya seni titinggal karuhun yang luar biasa. Terima kasih untuk bantuan semua pihak terutama dari Pemerintah Propinsi Jawa Barat atas berbagai dukungan selama ini," ungkapnya.

BACA JUGA:Kebakaran TPA Kopi Luhur Berhasil Dipadamkan, Asap Masih Mengepul, Damkar Lakukan Pendinginan

Sementara itu Ani Widiani Kabid Destinasi wisata Pemrov Jabar mengatakan bahwa Pemrov Jabar sangat mengapresiasi perkembangan Pariwisata dan Ekonomi  kreatif di kawasan Priangan Timur.

Tentunya ini bukan sekedar  wisata. Trend minat wisatawan sekarang juga berkembang dalam sisi seni budaya, kuliner khas, event, serta menikmati keindahan alam.

"Untuk mencapai itu, kita terus  mendorong pariwisata yang  berkualitas, memperhatikan aspek  otentik, pemberdayaan masyarakat, dan keberlanjutan," pungkas Ani. ***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: