Balong Dalem, Wisata Tersembunyi di Kabupaten Kuningan, Bisa Berenang Bersama Ikan Dewa

Balong Dalem, Wisata Tersembunyi di Kabupaten Kuningan, Bisa Berenang Bersama Ikan Dewa

Wisata tersembunyi Balong Dalem Kabupaten Kuningan yang berada di kaki Gunung Ciremai.-Puritama/Ist-radarcirebon.com

BACA JUGA:Kebakaran di SMAN 1 Indramayu Ludeskan Kantin Sekolah, Diduga Ini Penyebabnya

Balong Dalem Memiliki luas area sekitar 6,5 hektar. Sebagian besar ditumbuhi pepohonan tropis yang berusia puluhan tahun.

Objek wisata ini terletak tidak jauh dari pusat kota Kuningan. Hanya sekitar 8,5 km. Jika dari Kota Cirebon pengunjung dapat menempuh perjalanan kurang lebih 28 km.

Dan apabila dari Majalengka harus menempuh perjalanan kurang lebih 49 km. Dari pintu tol Ciperna, jaraknya kurang lebih 25 km.

Situs Balong Dalem berasal dari bahasa Sunda. Balong yang artinya kolam. Sementara Dalem mengacu pada status sosial seseorang.

BACA JUGA:SMPN 7 Cirebon Kedatangan Tim Penilai Kota Sehat

Banyak yang mengatakan bahwa situs ini berkaitan erat dengan keberadaan Buyut Bayu Sultan atau Matangaji.

Tokoh terkenal ini datang dari Kesultanan Cirebon. Dia menetap dan meninggal dalam menyebarkan agama Islam di Desa Babakan Mulya, tak jauh dari Balong Dalem.

Di dalam area objek wisata ini terdapat mata air yang terletak di antara batu yang berdampingan. Masyarakat sekitar mengenalnya dengan batu kawin.

Di area wisata alam ini juga terdapat situs makam Buyut Bayu. Letaknya tidak jauh dari mata air tersebut. Tidak sedikit juga pengunjung dari luar kota yang berziarah ke makam tersebut.

BACA JUGA:4 Merk Sepatu Slip On Wanita Terbaikk!

Balong Dalem memiliki keunggulan dengan area camping ground yang cukup luas. Bisa menampung kapasitas sampai 1000 orang.

Di Balong Dalem  juga terdapat fasilitas kolam renang alami, mini resto, penginapan, gazebo, mushola, toilet dan jakur hiking.

Harga tiket masuk wisata ini masih sangat terjangkau yakni Rp 10.000/orang. Bila ingin camping menginap cukup dengan biaya 20.000/orang.

Sedangkan harga untuk penginapan bervariasi. Mulai dari Rp300.000/kamar. Ada 12 kamar di penginapan itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: