Waspada! Jika Ada Orang Asing Minta Pertemanan di Akun IG, Jangan-Jangan Pelaku Scammer, Ini Ciri-cirinya

Waspada! Jika Ada Orang Asing Minta Pertemanan di Akun IG, Jangan-Jangan Pelaku Scammer, Ini Ciri-cirinya

Waspada pelaku scammer di media sosial termasuk Instagram.-Istimewa-radarcirebon.com

Jika berani, coba minta video call. Toh Instagram sekarang memiliki fitur tersebut. Jika mereka riil, tentu mereka secara terang-terangan mau menampilkan wajahnya dan kehidupannya yang apa adanya. 

9. Jualan Kesedihan 

Ciri paling unum dari para scammer adalah menjual kesedihan. Entah tidak punya ayah, ibu atau orang tua sekaligus. Atau saat ini merawat ayah atau ibu atau saudara yang sakit-sakitan. 

Ada pula yang mengaku janda atau duda dan pasangan mereka sudah meninggal karena sakit atau kecelakaan. Lalu mereka memiliki anak perempuan/laki-laki yang cantik atau tampan. 

BACA JUGA:UMKM Untung Besar Selama WJF 2023 Transaksi Capai Rp1,75 Miliar, Belum Termasuk Pendapatan dari Asosiasi

Terbaru, modus menjual kesedihan mulai ditinggalkan. Mungkin karena sekarang orang-orang lebih cerdas, jadi mereka berganti strategi. 

Topik-topik yang dipilih biasanya yang Anda sukai. Sebagian dari mereka mengatakan sengaja mengirimkan pertemanan di Instagram karena ingin bertandang ke Indonesia sehingga mencari teman di dunia maya. 

Tak ada yang salah dengan alasan ini. Namun biasanya mereka menunda kedatangan. Bulan depan jadi satu-dua bulan lagi dan seterusnya. 

10. Pekerjaan

Sebagian besar pekerjaan mereka itu wow banget. Bisa jadi pengusaha kelas kakap atau bekerja di perusahaan bonafide. 

BACA JUGA:Bisa Buat Apa Saja! Kredit Multiguna Usaha Bank BCA, Cek Cara dan Syarat Pengajuannya

Memang orang sesempurna itu bisa saja hal tersebut terjadi. Namun dengan deretan ciri-ciri dari atas, apakah ada orang yang memiliki nasib sesempurna itu? 

Khusus bagi perempuan, sebagian dari mereka mengaku identitas mereka adalah tentara. Uniknya, cerita yang disampaikan seragam. Tentara yang dikirim ke luar negeri untuk misi perdamaian atau daerah konflik. 

Buat memastikan, coba cek berita-berita soal itu di media yang sudah terverifikasi. Walau misi perdamaian atau pengiriman pasukan ke daerah konflik bersifat rahasia, tetapi setiap negara biasanya memiliki keterangan resmi secara umum. 

Kalau sudah membahas pekerjaan, biasanya mereka juga akan menanyakan pekerjaan Anda. Wajar sih untuk yang satu ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: