Waspada! Jika Ada Orang Asing Minta Pertemanan di Akun IG, Jangan-Jangan Pelaku Scammer, Ini Ciri-cirinya

Waspada! Jika Ada Orang Asing Minta Pertemanan di Akun IG, Jangan-Jangan Pelaku Scammer, Ini Ciri-cirinya

Waspada pelaku scammer di media sosial termasuk Instagram.-Istimewa-radarcirebon.com

Bisa jadi sesungguhnya mereka adalah laki-laki atau justru perempuan sendiri dan merayu perempuan tetapi menggunakan profil laki-laki. 

BACA JUGA:Laporan Dicabut, Soal Panji Gumilang Polisi Sudah Memberikan Kepastian, Prosesnya Akan Seperti Ini

Hal yang sama juga berlaku bagi scammer yang menargetkan laki-laki. Karena menggunakan profil lawan jenis, tentu saja mereka membalut modus mereka dalam romantisme. 

2. Nama Abal-abal

Memang tidak bisa menjadi standar. Hanya saja biasanya pemilik akun scammer itu abal-abal. Cirinya dengan mencantumkan deretan angka di bagian belakang nama mereka. 

Angka-angka tersebut acak. Ada kemungkinan nomor-nomor itu adalah sandi mereka. 

Tapi, jangan merasa karena mereka memiliki akun yang private lalu dia orang yang riil. Bisa jadi, akun mereka digembok karena pengin Anda kepo lalu menerima permintaan pertemanan demi melihat profil picture yang cantik atau rupawan. 

BACA JUGA:NGERI, Tangan dan Kaki Wanita Ini Diamputasi Setelah Makan Ikan Nila yang Mengandung Bakteri

3. Ganteng atau Cantik

Wajah menawan ini juga berlaku sebaliknya. Jika Anda adalah laki-laki, biasanya foto-foto yang diunggah adalah perempuan cantik. Terkadang juga mereka mengenakan pakaian yang agak terbuka dan tampilan cukup berani. 

Sebaliknya, para scammer dengan profil laki-laki akan menggunakan foto-foto yang tampan atau ganteng dari awal sampai akhir. 

4. Biodata Orang Baik

Salain ganteng atau cantik, kesempurnaan  biasanya juga dilengkapi dengan biodata yang mencerminkan mereka itu orang baik. Istilahnya salih dan salihah.

Yang hebat, mereka juga kadang menyesuaikan agama si target. Jika Anda Islam, mereka akan menggunakan ayat-ayat alquran. Lalu jika Anda nasrani, si dia menggunakan ayat-ayat alkitab.

BACA JUGA:Golden Hour di Antara Perahu Nelayan dan Pemandangan Lapis Legit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: